Tanpa Trik, Cara ini akan membuat blogmu muncul di pencarian google 2020

Tanpa Trik, Cara ini akan membuat blogmu muncul di pencarian google 2020
Cara membuat blog muncul di pencarian google 2020
Setelah membuat artikel, kita tentunya ingin artikel yang dibuat muncul pada mesin pencarian google. Tujuannya adalah agar artikel yang dibuat pada sebuah blog atau situs mudah ditemukan orang lain pada search engine. Lalu bagaimana cara agar blog kita tampil dipencarian google? Apakah ada trik khusus?

Sebenarnya google terus aktif merayapi dan menelusuri seluruh situs web atau blog yang ada, laman demi laman, lembar demi lembar, tanpa lelah google terus mencari dan mengumpulkan data situs ke sistem mereka. Namun kita tak akan pernah tahu kapan blog kita ditemukan dan terdaftar di dalam sistem mereka.

Hmmm, jadi belum pasti ya? Iya karena terkadang ada saja situs web yang tidak mereka temukan, entah karena google tidak memahami struktur yang ada pada laman web ataupun hal lainnya. Lalu bagaimana cara mengetahui situs kita sudah terindex atau terdaftar di mesin telusur google? Gampang saja.

Cara mudah mengetahui apakah situs atau artikel sudah terindex google atau belum?

Cara yang bisa dilakukan adalah dengan membuka mesin pencari google lalu ketikan "site:urlblogkamu" untuk mengetahui keberadaan situs kita di google.
Cara mudah mengetahui apakah situs atau artikel sudah terindex google atau belum?
Pada gambar diatas, situs blogspot garis keras terdaftar pada pencarian google. Tapi kok hanya satu? Karena blog tersebut belum mempunyai artikel sehingga hanya halaman homepage yang berhasil ditelusuri oleh google. Padahal blog tersebut dibuat pada 18 Desember 2019 dan dicek pada 19 Desember 2019. Selain baru, blog tersebut belum pernah di submit ke google atau belum memberitahu google tentang keberadaan situs tersebut alias google sendiri yang menemukannya.

Namun bagaimana jika situs tidak muncul? Seperti yang sudah ditulis sebelumnya diatas, google akan terus mencari dan merayapi situs web yang ada. Namun bisa saja google kesulitan menelusuri sebuah situs sehingga masih ada saja situs yang belum mereka temukan.

Bagaimana agar blog kita muncul di pencarian google?

Untuk memecahkan masalah diatas mengenai situs yang tidak muncul di mesin pencari, cara ini bisa menjadi solusi. Cara ini juga bisa dilakukan setelah kita membuat artikel di blog meskipun kemungkinan google akan menemukan situs kita, tapi bukan berarti kita perlu menunggu google menemukan situs kita. Sebaiknya kita yang memberi tahu keberadaan sebuah situs ke google.

Mendaftarkan blog ke google search console

  1. kunjungi https://search.google.com/search-console/about lalu klik mulai sekarang
    Mendaftarkan blog ke google search console
  2. Setelah laman tambah property terbuka, masukan url situs yang hendak didaftarkan lalu klik terus
    Mendaftarkan blog ke google search console
  3. Secara otomatis situs berhasil divertifikasi google search console, lalu klik buka property
    Mendaftarkan blog ke google search console
  4. Inilah tampilan google search console
    vMendaftarkan blog ke google search console


Submit Sitemap ke Google Search Console

Setelah mendaftarkan situs ke Google Search Console, langkah selanjutnya yang bisa dilakukan agar situs blog mudah ditemukan mesin pencari adalah dengan mengirimkan peta situs ke google search console. sitemap adalah seperti sebuah peta yang menunjukan atau memberi navigasi terhadap semua yang ada di situsmu, sehingga google akan melakukan tur terhadap situs untuk mnemukan konten.

Cara submit sitemap blogspot ke google search console

  1. Kunjungi laman peta situs, lokasinya dari beranda, Indeks > Peta Situs
    Cara submit sitemap blogspot ke google search console ridous.com
  2. Masukan sitemap blog pada "Harap masukkan URL peta situs" lalu kirim
  3. Selesai
Untuk pengguna blogspot, URL peta situs bisa dengan menggunakan 3 URL ini
  1. sitemap.xml
  2. feeds/posts/default?orderby=updated
  3. atom.xml

Submit Artikel Ke Mesin Pencari Google

Setelah membuat artikel, agar artikel yang dibuat mudah ditemukan mesin telusur google alangkah baiknya kita yang mengajukan tanpa harus menunggu ditelusuri otomatis oleh google. Adapun caranya sebagai berikut ini.

Cara submit URL blog ke Google dengan Google Search Console

  1. Pada laman google search console(GSC) klik search box yang ada pada header GSC (priksa semua URL di ....) 
    Cara submit URL blog ke Google dengan Google Search Console
  2. Masukan URL postingan blog lalu klik enter sehingga GSC mengambil data dari indeks google
  3. Setelah selesai klik minta pengindeksan, ini akan memakan waktu beberapa menit.
    Cara submit URL blog ke Google dengan Google Search Console
  4. Jika pengindeksan selesai, uji coba dengan mengklik uji url aktif
  5. Tunggu beberapa saat dan selesai


Bagaimana agar blog kita muncul di pencarian google
Langkah-langkah agar blog muncul di google search

Bagaimana, ternyata agar blog muncul dipencarian google sangatlah mudah. Google sendiri menyediakan-menyediakan alat-alat bagi webmaster, blogger, seo spesialis yang bisa digunakan secara gratis. Cara diatas bukan jaminan agar blog tampil di halaman pertama google, tapi bukan berarti cara ini gak perlu dilakukan.

Tapi bagaimana menurutmu? Apakah cara ini cukup efektif? Atau kamu punya strategi lain? Yuk berbagi pengalaman dikomentar. 

Jika ada sesautu yang ingin ditanyakan terkait artikel dengan judul Tanpa Trik, Cara ini akan membuat blogmu muncul di pencarian google 2020 silahkan hubungi penulis sekaligus pemilik blog www.ridous.com melalui media sosial berikut yang telah disediakan pada laman kontak terimakasih.
 

Keep In Touch

Pengikut