Perjalanan singkat gue menjadi penyuka musik Indie pop Indonesia

Perjalanan singkat gue menjadi penyuka musik Indiepop Indonesia
Internet mempengaruhi perkembangan musik di Indonesia. gw sendiri yang dulunya tahu band mocca sama efek rumah kaca doang untuk band indie, lambat laun mulai menyukai band jepang seperti L'arc-en-ciel yang memang dipengaruhi faktor J-Rocks band. 

Ketika kehadiran warnet mulai menjamur, gwmulai melakukan penjelajahan mengenai musik, sampai menyukai band-band indie pop yang memang saat itu referensi tidak dari Internet seutuhnya dan referensi utama masih dari majalah, sedangkan internet sebagai media tambahan saja bukan media utama (jaman dulu internet mengambil sumber dari TV dan majalah. kalo sekarang sebaliknya TV mengambil referensi dari internet, iya gak?). 

Hingga suatu hari membeli majalah yang ada bonus CD kompilasi LA Light Indiefest yang beberapa lagu di kompilasi tersebut mengusung indiepop. Langsung saat itu tertarik sama indiepop yang menurut gw easy listening meski rata2 liriknya berbahasa Inggris. 

Kehadiran internet saat itu belum dibarengi teknologi yang memadai. Memang sudah canggih seperti hp yang bisa digunakan untuk internetan, namun tidak dibarengi kapasitas memori yang besar di HP. Meski ada memori besar, saat itu harganya pun mahal. Lalu kelas 2/3 SMK gw burning CD kompilasi yang berisi band2 yang gw sukai di flashdisk. Salah satu band yang ada di situ adalah White shoes and the couple company yang mengusung lagu retro. gw yakin lagu2 disitu akan asing sama temen gw saat itu. 

Jaman kuliah makin suka sama lagu2 indie, di laptop gak ada band2 yang temen gue kenali. Sampai banyak temen bilang gue aneh seleranya (saat ini masih banyak yang bilang gitu). Gw juga yakin diantara temen seangkatan di kampus dan di kampung gue yang pertama kali suka payung teduh ya gue. Nah ditahun-tahun itu yang agak populer adalah YouTube dan juga SoundCloud. Tapi untuk musik yang membawa perkembangan secara signifikan adalah SoundCloud menurut gue. 

Disini orang-orang bebas berekspresi mencover lagu, mempublikasikan prototipe dan bahkan musik yang udah jadi. Di era ini SoundCloud merupakan referensi utama gw dalam musik meski memang dari youtube lah gw kenal sore band yang menjadi band favorit gue saat ini. Tapi SoundCloud? Tak akan terganti meski gak sepopuler beberapa tahun lalu. 

Nah, yang upload album mevrouw sore band juga pertama kalinya di SoundCloud kan? Ini adalah lagu yang enak dari sore di album barunya.
Itulah perjalanan singkat gw menjadi penikmat indi pop, Majalah memang mempengaruhi perjalanan itu ditambah internet sebagai media referensi tambahan. Lalu band indiepop apa saja yang gue sukai?

Band-band Indiepop Asli Indonesia yang layak kamu dengarkan

Oke disini gw akan menyajikan band-band indiepop beserta lagunya yang sangat enak didengar

1. Good Afternoon

Gue gak dapet profil mengenai ini Band, namun apakah penting? Kalo gak salah ini band asal Malang dengan lagunya 04.15 yang bercerita tentang cinta sore senja kelabu

2. Pop At Summer Indie Pop Asal Bandung 

Band ini dipengaruhi Britishpop dengan formasi Anne Inggriani, Witta Aditya, Roni Tresnawan, Rikip Bagja, Baruna Tyaswara, Irvan Nugraha Martpresia. Setelah fakum cukup lama dan mati suri di tempat tidurnya, mereka kembali membuka jendela dan menyapa mentari di tahun  2019 dengan member barunya Givani Maghfirah Putri (Avi) dan Muhammad Rifky Adam Rahman.
lagu-lagunya gue sukai, salah satunya adalah lagu yang berjudul Only Dream (All About You)


3. Funny Little Dream, Indiepop Band Asal Jakarta

Gw gak dapet profil lengkap mengenai band asal Jakarta yang mengusung Indiepop ini. Salah satu lagunya adalah Funny Little Dream yang sama namanya dengan nama band mereka.


4. Annemarie Band Indie Pop yang bikin kepala goyang-goyang 

Band ini asal Bandung dengan formasi band Mohamad Iqbal (Guitar and Vocals), Bayu Genia Krishbie (Drum), Rimauli Diandani (Vocals), Annisa Nadiyah (Keyboard), Arief, Fahmie (Guitar), Anugrah Nurrewa (Bass).

Adapun label rekaman yang bekerja sama dengan mereka adalah Music is my Girlfriend (Sweden); Plastilina (Peru), Maritime (Bandung,Indonesia), Lovely (Jakarta, Indonesia), Dufflecoat Records (UK), Kinggem Records (Italy), Bah Records (Bandung, Indonesia).

Lagu yang gw sukai salah satunya Bubble Gum I See You, namun karena tidak bisa di embeed pada akhirnya disini gw akan share lagu lainnya yaitu Living Model


5. Bangku Taman, Band Asal Jakarta

Band ini dengan formasi 3 orang pemain yaitu Irwin Ardy (gitar elektrik), Wahyu Nugroho (vokal utama, gitar akustik, harmonika), Madava (bass, vokal latar). Band ini gue rasa mengusung pop meski banyak nuansa folk di musiknya. Dalam lirik lagunya, band ini membawa kisah realita kehidupan.

Lagunya yang paling fenomenal menurut gue adalah ode buat kota yang menceritakan Kota Jakarta, jadi buat kamu yang hidup dijakarta, coba dengarkan lagu bangku taman dengan judul Ode buat kota

Lagu lainnya yang w suka adalah para pekerja


6. Under My Pillow

Band ini Asal bandung yang membawa nuansa swing jazz pada lagu mereka. Salah satu lagu yang kusuka adalah Langit Mendung Senja yang gw tau dari album kompilasi Day To Embrace.


7. Winter Issue Band Indie Pop Asal Jakarta

Band ini terbentuk tahun 2009 dengan formasi Jacobs Benjamin ( vocal / guitar / harmonie ), Belahaq ( guitar and back tune ), Vey ( keyboard / pianika and back tune ), M.Susanto ( bass / back tune ), Feddy Januar ( drumbling ). Mereka membawa nuansa pop yang easy listening. Salah satu lagunya adalah pelangi jingga selepas hujan


8. Summer in Vienna Band Indie pop Asal Yogyakarta

Gue gak tau banyak tentang band ini, salah satu yang gue suka adalah Squirrels


9. Lampukota Band Indiepop Asal Yogyakarta

Band yang mengusung Indiepop yang kental musik britisnya ini berasal dari Yogyakarta dengan formasi Buddy prrassetyo-Vocal/guitar, Aripp kusuma-Drum/Tambourine, Riyo Mahendri-Guitar


10. Sunny Summer Day band Indiepop asal Bandung

Band indipop ini asal bandung dengan anggota Dicki Hermansah (Voice / Guitar), Arief Norman (guitar), Vicky Stefanus (bass), Teguh Indra Putra (Drums)> Band ini pernah bekerja sama dengan label rekaman Cloudberry Record from Miami USA, Letterbox Records from London UK. Salah satu lagunya adalah In Summertime


11. Holiday Anna

Band ini membawa nuansa pop retro yang berasal dari Yogyakarta dengan formasi Darma Prayoga (Keys/Synth & Piano), Ratna Astra (Lead Guitar), Valentinus Nagata (Bass/Contrabass), Okrifianto Syam (Trumpet), Bagas Permana (Drum & Percussion). Lagu yang paling disukai adalah Nyanyian Rindu. Namun lagu terbaru mereka yang berjudul Romansa lebih Asik didengarkan


12. Good Morning Breakfast Band Indiepop Asal Cirebon, Jawa Barat

Band indiepop ini berasal dari Cirebon dengan formasi palpov (guitar, voice) ismet (bass) bambang adhitya (guitar), kids (guitar), lovely inna (drums, tamborine, background vocal) rd rully purnomo vinky (keyboards, glockenspiel, background vocal). SO, band ini punya penabuh drum seorang wanita gan.

Salah satu lagu yang gw suka adalah Long Tall Viona


13. Strangers, Band Indiepop Asal Bandung 

Band indiepop ini berasal dari bandung dengan formasi Ican (Lead vocal, guitar), Gugun (Guitars, piano / keyboards, background vocals), Lanlan (Bass guitar, background vocals, guitars), Nyitsen (Drums, percussions). Lagu yang gw suka adalah Heavently namun yang akan di share disini yaitu lagu Bornfire yang paling digemari orang-orang

Itulah Perjalanan singkat gue menjadi penyuka musik Indiepop Indonesia dan 13 lagu indiepop pilihann. Selamat menikmati. Sebenarnya masih banyak sih, bisa sampe puluhan bahkan ratusan, nanti akan di share lagi lah lagu-lagu keren yang mungkin belum pernah kamu dengar.



Bebas berkomentar asal santun dan tidak kasar. Komentar yang mengandung konten por*o dan ju*i akan dihapus. Jangan lupa juga centang kotak "notify me" supaya ada notification jika komentarnya sudah dibalas. Terimakasih :)

 

Keep In Touch

Pengikut