Lakukan 7 tips ini, jadikan anak anda sukses menghadapi Ujian Sekolah

Lakukan 7 tips ini, jadikan anak anda sukses menghadapi Ujian Sekolah
Tips & Trik Kiat Sukses Ujian Sekolah. Setelah selama beberapa bulan siswa SD, SMP dan SMA sederajat melakukan aktifitas belajar, maka setiap semester mereka akan mengikuti kegiatan Penilaian Tengah Semester (PTS) ataupun Penilaian Akhir Semester (PAS). Sebagai orang tua kita harus memberikan motivas dan semangat untuk sang anak agar ulanganya memuaskan. Sudah kewajiban orang tua untuk selalu menyemangati anaknya.


Lalu apa saja yang harus dilakukan orang tua terhadap anaknya yang mengikuti PTS / PAS


1. Bangunkan anak sebelum adzan Shubuh

Suruh anak kita bangun sebelum shubuh. Jika memang sulit ya paksa saja. Suruh anak untuk melaksanakan shalat berjamaah dan mengikuti dzikir bersama imam setelah shalat. Waktu pagi adalah waktu yang berkah. Sebagaimana hadist Nabi Muhammad SAW

اللَّهُمَّ بَارِكْ لأُمَّتِى فِى بُكُورِهَا
"Ya Alloh, Berkatilah Umatku diwaktu paginya"
Nabi kita mendoakan umatnya agar mendapatkan keberkatan diwaktu paginya. Laksanakan hadist ini dengan cara bangun dipagi hari sebelum adzan shubuh, lalu berangkat kemesjid. Orang tuapun sama, harus mendoakan anaknya agar anaknya diberi kelancaran. Setelah melakukan shalat orang tua bisa menyuruhnya untuk belajar.



2. Berikan sarapan jauh sebelum anak berangkat

Jangan memberikan sarapan pada saat anak mendekati waktu keberangkatannya kesekolah. Berikanlah jauh sebelum jadwal keberangkatan. Jangan jadikan sarapan menjadi hal yang buruk. Tidak sedikit anak yang suka kepingin BAB setelah makan maupun yang ngantuk. Jika sarapan diberikan jauh sebelum jadwal keberangkatan, kedua hal tersebut bisa diatasi dirumah.

Selain itu, ini agar badan anak fokus mencerna makanan dirumah. Jika terlalu mendekati jadwal keberangkatan, bisa-bisa disekolah tubuh anak malah fokus mencerna makanan. Sedangkan saat itu tubuh harus fokus berfikir.



3. Suruh anak segera pulang setelah ujian

Suruh anak untuk pulang setelah ujian dan beristirahat dirumah. Ini agar beberapa jam sebelum tidur dimalam hari anak fokus untuk belajar. Biarkan juga anak untuk bermain jika memang anak ingin bermain. Biarkan anak bermain disiang hari sampai sore hari. Anak juga butuh refreshing juga.



4. Beritahu anak agar mengulang materi dari kisi-kisi beberapa jam sebelum tidur

Biasanya guru mata pelajaran memberikan kisi-kisi pada muridnya. Didalam kisi-kisi tersebut merupakan bocoran jenis soal yang akan keluar. Suruh anak agar belajar ringan dengan materi dari kisi-kisi.



5. Jangan memaksa anak untuk belajar

Jangan terlalu memaksa anak untuk terus belajar. Jika ia ingin bermain biarkanlah bermain jika itu disiang hari. Jika ia terlalu sering bermain gadget beritahu bahwa belajar lebih baik dari pada bermain gadget. Belajar dirumah gak perlu setiap jam, yang penting dalam satu hari anak menyisihkan waktu untuk belajar. Entah itu pada siang hari maupun malam hari. 

Jika disiang hari ia sudah belajar, namun pada malam hari ia nonton TV maupun main gadget, biarkan saja. Ia kan sudah belajar pada siang harinya, biarkan ia refreshing sejenak.



6. Tanamkan kejujuran

Memang ini bagian yang susah. Kenapa? Sang Anak pastinya ingin mendapat nilai bagus. Ia juga ingin membahagiakan orang tuanya dengan nilai yang bagus. Jika sang anak ingin mendapatkan nilai bagus namun kesulitan dalam mengerjakan soal ia akan menghalalkan segala cara agar mendapatkan nilai yang bagus termasuk mencontek. Menghilangkan budaya mencontek memang sulit karena sudah membudaya secara turun menurun. Entah siapa yang harus disalahkan terhadap budaya dan tradisi nenek moyang ini.

Saatnya merubah dan menghapus budaya ini dengan memberitahukan anak agar tidak mencontek dan jujur. Beri tahukan pada anak bahwa anda sebagai orang tua menyukai nilai dari hasil kejujuran bukan mencontek. Beri tahukan juga bahwa anda ingin anaknya mendapatkan nilai yang bagus dari proses yang jujur.  
Jangan mentargetkan anak untuk mendapat nilai bagus. Bukankah yang penting lulus dengan hasil yang jujur itu bagus?



7. Pastikan anak tidur cukup

Jangan biarkan anak untuk begadang kalo tiada artinya. Boleh saja asalkan ada perlunya. Suruh anak untuk tidur sesegera mungkin agar mendapatkan waktu tidur yang cukup dan kualitas tidur yang baik. Agar esoknya anak bisa bangun shubuh dan belajar lagi setelah shalat shubuh.

Jika anak kekurangan tidur, bisa saja saat ulangan ia ngantuk sata ulangan. Sedangkan saat kekurangan tidur, kemampuan otak untuk berfikir menurun. Bukankah saat ulangan anak kita memerlukan kemampuan otak untuk berfikir?


Itulah 7 tips bagi orang tua yang mempunyai anak yang akan ulangan. Intinya tanamkan budaya jujur dan terus berdoa kepada Tuhan.




Bebas berkomentar asal santun dan tidak kasar. Komentar yang mengandung konten por*o dan ju*i akan dihapus. Jangan lupa juga centang kotak "notify me" supaya ada notification jika komentarnya sudah dibalas. Terimakasih :)

 

Jika rangkaian kata tidak memberikan manfaat bagi yang mendengarnya, maka diam lebih baik. -Lupa sumber

Keep In Touch

Pengikut