Langkah kecil yang bisa dilakukan pelaku bisnis rumahan untuk berhijrah dari tradisional ke digital

Hijrah dari tradisional ke digital untuk bisnis rumahan rumah web domain murah indonesia
Dijaman digital ini, internet merupakan kebutuhan bagi setiap pelaku bisnis dan usaha guna memasarkan produk maupun jasa yang ditawarkan. Beberapa tahun kebelakang, rata-rata perusahaan besar yang memanfaatkan internet, jarang sekali perusahaan menengah kebawah yang memanfaatkan internet dalam kegiatan bisnisnya.

Namun berbeda dengan saat ini, banyak perusahaan ataupun pelaku bisnis menegah kebawah yang mulai memanfaatkan internet. Entah itu pembisnis toko online kecil-kecilan, maupun jenis perusahaan layanan atau jasa lainnya. Semua disebabkan dan dipengaruhi oleh perkembangan zaman yang serba online.

Saat ini internet sudah menjadi sumber informasi utama

Kita bisa melihat fenomena yang terjadi saat ini, setiap orang memiliki perangkat mobile/gadget ditangannya. Perangkat tersebut jarang lepas dari tangan mereka. Apa yang mereka lakukan? Ada banyak kemungkinan, mereka sedang menggunakan situs sosial untuk terhubung dengan temannya ataupun browsing mencari informasi.

Beberapa tahun kebelakang kita melakukan hubungan sosial secara langsung bertatap muka, begitupun saat mencari informasi, orang lebih memilih membeli koran maupun menonton TV untuk mendapatkan informasi karena HP/Gadget mereka pada saat itu belum secanggih sekarang, namun berbeda pada saat ini di jaman modern, orang-orang lebih memilih internet sebagai sumber informasi dan referensi.

Lalu apa manfaat perkembangan internet bagi pelaku bisnis dan usaha terutama kelas menengah kebawah?

Ada banyak manfaat yang bisa didapatkan dari beralihnya era tradisional ke digital bagi pelaku bisnis terutama bisnis dengan skala menengah kebawah, diantaranya adalah:
  1. Menjangkau pasar lebih luas. Tentunya ya dengan penggunaan internet dalam aktivitas bisnis membuat produk yang anda tawarkan dapat menjangkau pasar yang lebih luas, Jika sebelumnya terbatas jarak dan waktu, sekarang tidak lagi. kamu bisa memasarkan produk kapanpun dan dimanapun dengan memanfaatkan internet.
  2. Menurunkan biaya pemasaran. Jika sebelumnya merekrut orang untuk memasarkan produk dengan langsung terjun ke lapangan, sekarang hal tersebut bisa dilakukan di kantor/rumah tanpa harus terlibat secara langsung dilapangan.
Melihat dua manfaat diatas, apakah perlu bagi kamu yang masih melakukan proses bisnis secara tradisional ke digital? Tentunya ya perlu banget karena besar kemungkinan profit yang akan dicapai akan berbeda karena dengan beralih ke digital akan memudahkan pelaku bisnis dalam proses pemasaran sehingga dapat menjangkau pasar yang lebih luas, tak terbatas jarak dan waktu.



Strategi membangun bisnis digital bagi pengusaha skala rumahan

Banyak cara untuk beralih dari tradisional ke digital yang bisa dilakukan oleh pelaku bisnis skala rumahan, diantaranya :


1. Manfaatkan sosial media untuk bisnis rumahan anda

Hal yang pertama bisa dilakukan untuk berhijrah dari tradisional ke digital adalah berjualan dengan memanfaatkan sosial media. Lalu bagaimana langkah awal yang bisa dilakukan?

A. Buat akun bisnismu di situs jejaring sosial seperti Facebook, Instagram, Twitter, dan juga Youtube

Buatlah akun sosial media bisnismu di Facebook, Youtube ataupun Instagram, pilih salah satu atau semua juga bisa. Dalam tulisan ini penulis ridous.com akan memilih satu aja yaitu instagram karena menurut penulis interaksi saat ini lebih banyak di instagram. Memang diantara instagram dengan yang lainnya mempunyai karasteristik, keunikan pengguna. Tapi itu tergantung market anda. Lalu apakah perlu membuat akun di semua flatform media sosial? Hmmm, lebih baik sih fokus ke satu platform dulu seperti fokus ke Instagram.

Jangan lupa user dan user name pada profil instagram yang dibuat menggunakan nama bisnis anda. Setelah akun instagram dibuat, tinggal upload produkmu ke instagram. Tapi apa boleh posting selain produk yang dijual? ya boleh lah, diusahakan posting artikel yang satu niche dengan produk yang dijual. Tapi ingat, jangan posting sesuatu yang mengundang kontroversi karena itu sensitif banget. 

B. Datangkan Followers ke Akun Instagram Bisnis Kamu, Event Giveaway selalu mendapat perhatian netizen

Instagram sudah dibuat, produk sudah di upload kok interkasi masih sepi? Itu mungkin karena followers-mu sedikit atau juga followers-nya bukan market kamu.  Lalu bagaimana cara mendatangkan followers instagram dengan cepat? Cara yang banyak orang lakukan salah satunya adalah mengadakan giveaway.

Beri hadiah menarik kepada warga-net dengan syarat mem-follow dan mengajak orang lain mem-follow akun instagram bisnismu. Untuk hadiah bisa berupa produkmu ataupun barang lainnya yang sesuai dengan niche marketmu. Misalnya kamu jualan jilbab,  selain memberi hadiah jilbab kamu juga bisa memberi hadiah buku islami yang sesuai niche market bisnismu pada event giveaway. Cari tahu buku apa yang biasanya dibaca sama niche market kamu.


C. Jangkau lebih banyak pemirsa dengan cara paid promote ataupun Beriklan di Instagram

Postingan yang kamu buat di Instagram hanya akan menjangkau followers yang ada juga menjangkau view hastags, terbatas banget kan? mending kalau followersmu banyak, lah kalo sedikit? Tentunya harapan penjualan banyak alias clossing banyak harus di tunda dulu. Jangankan clossing, kalo followers-nya sedikit ya interaksinya pun sedikit.

Lalu bagaimana cara paling mudah menjangkau pasar yang lebih luas dengan cepat? Salah satu hal yang bisa dilakukan adalah menggunakan jasa/layanan Paid Promote. Lalu apa itu paid promote? Sesuai namanya, paid promote adalah promosi berbayar yang biasanya dilakukan oleh akun yang memiliki jumlah followers yang melimpah alias banyak. Lalu berapa harganya? Tentunya beda-beda sih mulai dari puluhan ribu sampai ratusan ribu per posting. Namun sebelum menggunakan jasa paid promote, sebaiknya baca dahulu 5 tips sebelum melakukan paid promote di instagram.

Selain memanfaatkan jasa paid promote, langkah lain yang bisa dilakukan untuk menjangkau pasar yang lebih luas adalah dengan beriklan di Instagram. Mahal gak sih? Hmmm kalo ini nanti akan dibahas ada postingan khusus.


2. Jaring calon pembeli di Marketplace lokal

Selain jualan di media sosial, cara untuk beralih dari cara tradisional ke digital yaitu dengan berjualan di marketplace seperti bukalapak, shopee dlsb. Hal ini guna menjaring calon pembeli di market place karena tiap orang itu unik dan berbeda-beda. Ada yang suka belanja di medsos seperti instagram ada juga yang tidak. Ada juga yang lebih senang berbelanja di marketplace ada juga yang tidak sama sekali. Memang setiap orang itu unik begitu juga kebiasaan pelanggan market kamu, tentunya unik juga.

Selain itu biasanya ada calon pembeli yang gak percayaan, bisa jadi biasanya pernah ditipu ketika belanja online. Nah yang begini bisa diarahkan ke situs marketplace bisnis kamu.

"Kak, jika kakak masih ragu dengan kami, kakak bisa juga berbelanja produk kami di (bukalapak/shopee/dlsb). Kakak bisa cari store kami dengan nama xxx atau klik link berikut untuk menuju produk yang hendak kakak beli sebelumnya" 

Kan lumayan daripada dia gak jadi beli. Tapi penulis sih belum pernah menjual produk di marketplace, karena belum ada kasus seperti diatas. Mungkin produk penulis recehan kali ya? Tapi kalo pertanyaan "kakak gak bakalan nipu kan?" sudah biasa :D


3. Bangun sebuah blog untuk bisnis rumahan anda

Cara selanjutnya yang bisa dilakukan untuk beralih dari cara tradisional yang mulai ditinggalkan ke digital adalah dengan cara yang masih jarang orang lain lakukan, yaitu dengan membuat sebuah blog. Sehingga penulis menyarankan agar menyimak tulisan ini. 

Blog adalah  situs networking yang berisi konten atau artikel berupa tulisan, gambar maupun video. Ada banyak platform yang bisa digunakan, namun kebanyakan menggunakan platform blogspot, Wordpress dan juga Tumblr.

Sebuah blog dapat menjadi sarana sumber informasi bagi pelanggan atau untuk orang yang masih ragu terhadap produk yang kita tawarkan dengan membuat konten edukasi yang bermanfaat dan juga yang dibutuhkan pelanggan.


Mengapa blog penting untuk bisnis?

Agar mengetahui pentingnya blog untuk bisnis yang dijalankan, sebaiknya ketahui manfaat dari sebuah blog terlebih dahulu.

Manfaat blog untuk bisnis

Lalu apa manfaat blog untuk bisnis? Ada banyak manfaat blog untuk bisnis, diantaranya:

1. Menyampaikan informasi mengenai profil perusahaan

 Ini adalah mengenai uraian tentang perusahaan anda. Anda bisa mengenalkan berbagai informasi seperti profil perusahaan, alamat yang berupa tulisan, foto maupun video guna membangun kepercayaan konsumen terhadap bisnis anda sehingga akan terlihat profesional dan terpercaya.

2. Mengedukasi Konsumen

Misalkan kamu menjual Tutug Oncom, lalu kamu ingin mengedukasi calon konsumen maupun konsumen tentang produk anda. Entah itu tentang kelebihan, manfaat yang didapat, resep penyajian TO atau hal lainnya. Mungkin bagi sebagian orang posting di situs jejaring sosial sudah cukup. Tapi ya yang namanya jejaring sosial, konten yang sudah lama akan tenggelam oleh konten terbaru ataupun konten lainnya yang mendapatkan interaksi lebih banyak. Itulah kelemahan situs jejaring sosial.

Berbeda jika kamu punya blog, jika kamu posting artikel mengenai edukasi produk konten tersebut akan mudah dicari meski artikel tersebut sudah lama dibuat. Itu karena di blog anda bisa menambahkan menu/navigasi link yang mengarahkan ke konten edukasi ataupun konten lainnya, selain itu kita juga bisa menambahkan label guna memudahkan pengunjung mencari artikel. Kamu bisa menulis berbagai artikel edukasi berupa resep menyajikan TO di blog yang kamu buat. Lalu setelahnya kamu bisa membuat artikel anda mudah ditemukan di mesin pencari seperti google.

Selain itu kamu juga bisa membuat konten-konten yang relevan dengan produk anda ataupun konten yang sesuai dengan target market anda. Seperti "makanan yang cocok disajikan dengan TO", "Artis-artis yang suka makan TO" adalah konten yang relevan dengan produk dalam hal ini Tutug Oncom. Lalu konten apa lagi yang relevan dengan tutug oncom, kira-kira apa lagi ya, kamu tahu gak?

Kamu juga bisa membuat konten yang sesuai dengan target marketmu. Misalnya targetnya adalah wanita muslimah yang masih muda, tak ada salahnya juga kamu membuat konten mengenai tutorial hijab, ataupun artikel lainnya yang sesuai dengan target market. Hal ini guna menjaring dan meningkatkan traffic ke situs blog yang ujung-ujungnya memperkenalkan produk yang dijual. Masih bingung? Coba lihat gambar dibawah ini.
Langkah kecil yang bisa dilakukan pelaku bisnis rumahan untuk berhijrah dari tradisional ke digital
Jadi pada gambar diatas, skemanya begini, kamu posting artikel mengenai apapun yang sesuai niche market seperti artikel "7 Style Hijab Ala Gitasav" seolah-olah kamu membuat artikel mengenai hijab. Memang kamu menulis untuk berbagi artikel mengenai style hijab ala gitasav, tapi tujuan utama artikel tersebut yaitu untuk menarik banyak traffic atau lalu lintas ke blog yang mana pada bagian bawah artikel terdapat elemen atau bagian untuk memperkenalkan produk yang kamu jual.

3. Mengenalkan produk

Setiap perusahaan pasti membutuhkan media untuk memperkenalkan produknya ke pasar, blog bisa menjadi media yang digunakan dalam pengenalan produk. Setiap mempunyai produk baru, anda bisa memperkenalkannya di blog perusahaan/bisnis. Memang bagi sebagian orang di situs jejaring sosial sudah cukup, tapi blog mempunyai kelbihan tersendiri.

Misalkan kamu mempunyai produk TO varian terbaru, kamu bisa memposting produk TO tersebut di blog, lalu kamu bisa menjadikan postingan produkmu tampil di halaman 1 pencarian google dengan teknik SEO. Jika ada orang yang mencari "TO kering terenak" di mesin pencarian google, kamu bisa mengatur postingan produk kamu agar muncul dihalaman pertama google dengan sebuah blog. Bagaimana? Ketika orang lain mencari "TO Kering terenak" produk kamu bisa muncul di mesin pencarian google, keren kan?

4. Menjaring lebih banyak pelanggan

Dengan sebuah blog, kamu bisa menjaring lebih banyak pelanggan, karena dengan blog kamu bisa membuat orang yang belum tahu mengenai produk anda menjadi tahu entah pengguna itu memang mencari produk yang anda jual ataupun mencari artikel diinternet. Yang perlu kamu lakukan adalah memposting produk ataupun dengan membuat konten-konten yang relevan dengan produk anda seperti yang telah disebutkan sebelumnya yaitu membuat konten tutorial membuat resep nasi TO yang enak ataupun konten lainnya yang sesuai niche produk kamu seperti tutorial hijab.

Selain itu artikel yang kamu buat bisa muncul di pencarian google. Misalnya ada orang mencari "Style Hijab Ala Gita Savitri" lalu pengguna tersebut mengklik blog anda yang muncul di laman pencarian google.Pengguna yang awalnya hanya mencari konten tutorial hijab, pada akhirnya mengetahui produk anda, kan siapa tahu juga ujung-ujungnya dia tertarik pada produk anda dan melakukan pembelian.


Jadi gimana? Sudah tahu manfaat blog untuk bisnis? Apa sudah mulai tertarik untuk memiliki sebuah blog untuk bisnis rumahan yang sedang dijalankan?

Lalu bagaimana cara memiliki sebuah blog ataupun web?

Untuk memiliki sebuah blog ataupun web dengan jasa profesional, kamu perlu mengeluarkan uang yang sangat besar, penulis pernah bertanya kepada seorang freelancer yang biasa membangun sebuah blog/web mengenai berapa kisaran budget yang harus dipersiapkan untuk membeli sebuah situs personal blog? Iapun menjawab sekitar minimal 2 juta, belum lagi  perpanjangan hosting dan domain yang biasanya ditagih per tahun. Itu untuk blog personal, bukan situs bisnis.

Tapi apakah perlu mengeluarkan uang yang besar untuk situs blog/web bagi bisnis rumahan yang masih berkembang? Tergantung sih, kalo punya banyak budget ya boleh-boleh saja. Tapi kalo minim budget? Gak ada salahnya kamu membuat situsmu sendiri.

Apa bisa yang minim pengetahuan tentang pemrograman web membuat blog sendiri? Ya bisa lah, sehingga penulis sarankan dalam langkah awal menggunakan platform blogspot terlebih dahulu. Karena platform ini lebih mudah digunakan terutama bagi yang asing mengenai pemrograman. Bahkan banyak kok emak-emak yang memiliki situs blog dengan blogspot ya karena memang mudah digunakan. Emang hasilnya gimana? ya situs ini juga pakai platform blogspot. Gimana bagus gak? Lumayan lah.

Untuk membuat situs blog, kamu bisa tonton video mengenai cara membuat blog bagi pemula, dalam video tersebut penulis menjelaskan cara membuat blog. Yuk tonton disini

Cara membuat blog dengan blogspot bagi pemula

Dibawah ini penulis ridous.com membagikan tutorial mengenai cara membuat blog khususnya bagi pemula. Eh gampang gak sih? Ya gampang kalo sambil praktek, kalo diliat doang dijamin susah dan gak bakalan jadi-jadi. Untuk itu penulis sarankan membacanya sambil praktek.
  1. Login ke akun gmail
  2. Kunjungi situs www.blogger.com lalu klik "Create New Blog"
  3. Setelah dialihkan pada laman baru, login dengan akun google
  4. Jika diminta memasukan password, silahkan masukan password gmail tersebut ketika login ke blogger.
  5. Setelah itu muncul laman "Profil Blog" Silahkan isi nama tampilan dengan nama anda ataupun bisnis anda. Contohnya "Admin Tutug oncom" Lalu klik lanjutkan ke blogger.
  6. Setelah itu klik "Buat Blog Baru" sehingga muncul jendela "Buat Blog Baru"
  7. Isikan Nama Blog dengan nama bisnis anda atau merk produk anda. Misalkan saya punya produk (Padahal gak punya, pura-puranya punya aja ya) namanya "Tutug Oncom Jomblo" lalu saya bisa mengisi nama dengan "TO Jomblo" maupun "Tutug Oncom Jomblo" ataupun nama lainnya alias bebas. Namun sebaiknya nama blog mewakilkan produk yang kamu jual.
  8. Selanjutnya adalah mengisi alamat blog alias url address, dimana alamat blog ini harus unik alias berbeda dengan yang lain dan juga belum digunakan. Ibaratnya alamat blog ini rumah anda, apa mungkin kamu dengan teman kamu berada di alamat yang sama? Enggak kan? Nah isi alamat blognya dengan alamat blog yang relevan dengan nama bisnis kamu. Pastikan juga alamat blog tersebut belum digunakan orang lain. Misalnya disini saya mengisikan "tutugoncomjomblo" karena mewakilkan nama dari produk.
  9. Untuk tema pilih bawaan saja, bisa menggantinya nanti.
  10. Selanjutnya klik "buat blog"
  11. Selanjutnya kamu akan dialihkan ke laman beranda admin blog
  12. Selamat anda memiliki sebuah situs blog

Untuk melihat tampilan blog yang dibuat, klik "lihat blog" maka tampilan blog akan terlihat. Tapi kok kosong? Iya kan baru dibangun. Kontennya ya kamu yang mengisi. Blog yang kamu buat tadi bisa diisi dengan produk, produck knowledge, konten-konten ataupun hal lainnya yang bisa mendatangkan traffic ke blog bisnismu. Untuk template alias tampilan blog kamu bisa menggantinya dengan cara download gratis ataupun membelinya. Itu tergantung kebutuhan kamu.

Tapi kok alamatnya tutugoncomjomblo(.)blogspot(.)com? harusnya kan tutugoncomjomblo(.)com atau tutugoncom(.)com? Eh kok tapi enaknya tutugon(.)com ya? heheheh. Nah itu namanya domain, secara otomatis domain yang dibuat akan blogspot(.)com. Kamu bisa mengubahnya menjadi dot com, dot co dot id ataupun top level domain lainnya sesukamu. Tapi itu harus membeli di penyedia domain, salah satunya adalah rumahweb Indonesia

Eh coba tengok ke adress bar? Punya mimin dot blog spot dot com bukan ya? dot com dong meski pakai platform blogspot.  Nah jika mau tanya-tanya seputar blog, boleh kok hubungi mimin alias penulis melalui menu kontak, penulis insyaallah menjawab jika mampu menjawab. Tapi kalo kamu tanya "Kapan nikah?" aku belum bisa menentukan, hiksss 

Mengapa domain penting untuk bisnis rumahan kamu?

Mungkin kamu masih bingung, setelah bikin blog untuk bisnis apakah harus pakai domain bawaan atau beli sehingga dapat www(dot)namabisnismu(dot)com atau domain lainnya? Kalo menurut penulis sih penting banget dan harus segera membeli Top Level Domain (TLD), lalu kok kenapa begitu penting?

Inilah beberapa alasan pentingnya penggunaan Domain Tingkat Atas (TLD) untuk blog bisnis kamu

1. Top Level Domain yang dipakai seperti dot com akan membuat blog terlihat lebih profesional dan terlihat serius dalam menjalankan bisnis. Penggunaan TLD pada blog kamu, akan mencerminkan bahwa bisnis yang kamu jalankan mengutamakan profesionalitas. Kamu suka yang mana, yang profsional kan? Ya bangunlah profesionalitas dengan penggunaan Top Level Domain pada situs blog bisnis rumahan kamu, meski rumahan ya harus profesional juga.

2. Top Level Domain akan membangun kredibilitas bagi bisnis anda. Hal ini akan berdampak pada kepercayaan pengunjung situs blog terhadap bisnis yang anda jalankan. Tingkat kepercayaan akan berbeda dengan situs pesaing yang masih menggunakan domain bawaan, tentunya yang sangat dipercaya dibanding dengan yang pakai domain bawaan ya situs dengan menggunakan TLD akan mendapat kepercayaan yang lebih baik.

Sekarang coba bayangkan, jika blog yang dibuat profesional dan kredibel, apakah calon pembeli akan ada keraguan lagi terhadap produk yang ditawarkan? Tergantung sih dan memang penggunaan domain bukan satu-satunya faktor yang mempengaruhi kepercayaan konsumen terhadap bisnis yang kita jalankan. Namun jika faktor-faktor itu dipenuhi, setidaknya presentase kepercayaan itu meningkat dan diatas. Kalo masalah penjualan, itu kembali ke teknik clossing masing-masing :D

Jadi penulis sangat menyarankan terkhusus untuk blog bisnis dibuatlah seprofesional mungkin meski blog tersebut dibuat sendiri bukan oleh seorang profesional yang ahli dibidangnya, salah satunya ya dengan mengubah domain menjadi top level domain seperti dot com, dot co dot id dan lain sebagainya.

Tempat membeli domain murah yang cocok untuk bisnis rumahan 

Mungkin beberapa masih ragu untuk membeli domain yang akan dipasang pada blog bisnis, alasannya ya berapa sih budget yang harus dikeluarkan untuk sebuah domain? alias takut kemahalan. Tentunya ya murah banget karena kamu hanya akan membeli domain saja ya kisaran 100 ribu -150 ribu untuk satu tahun. Murah banget kan? Emang belinya dimana? Untuk membeli domain tersebut bisa ke rumahweb Indonesia yang kebetulan situs ridous.com membeli domain di rumah web. 

Rumahweb memberikan pelayanan yang bagus, tempat ini cocok sekali untuk bisnis skala rumahan karena harganya yang murah sehingga tak begitu memakan banyak biaya namun kualitas gak murahan.

Lalu bagaimana cara membeli domain? untuk mengetahui cara membeli domain di rumah web, bisa kunjungi Bagaimana cara order domain saja ?

Setelah membeli domain ya jangan lupa kaitkan blog yang dibuat dengan domain yang dibli di rumahweb. Adapun caranya bisa dibaca di: Custom Domain Blogger untuk domain Rumahweb dari Clientzone

Jadi kalo mau beli hosting untuk blog bisnis rumahan, rumah web aja dengan url www.rumahweb.com

Nah jika ada kesulitan dalam pemesanan atau pembelian domain bisa hubungi CS rumahweb, atau bisa kok bertanya di komentar termasuk dalam masalah pengaitan blogspot dengan domain, yuk tanyakan di komentar. Atau klik kontak dan hubungi penulis lewat instagram...

Terimakasih

Yuk Hijrah dari tradisional ke digital. Sejatinya adalah mengkolaborasikan diantara keduanya bukan meninggalkannya secara kaffah. Karena keduanya sangat berkaitan erat.




Bebas berkomentar asal santun dan tidak kasar. Komentar yang mengandung konten por*o dan ju*i akan dihapus. Jangan lupa juga centang kotak "notify me" supaya ada notification jika komentarnya sudah dibalas. Terimakasih :)

 

Keep In Touch

Pengikut