Libur Lebaran Menikmati Kesejukan Curug Badak Cisayong Kabupaten Tasikmalaya

Berlibur Menikmati Kesejukan Curug Badak Cisayong Kabupaten Tasikmalaya
Jalan-jalan Santuyyy ke Hutan Pinus Cisayong Tasikmalaya & Curug Badak Hanoman yang lokasinya dekat Kedai Kopi Sarasa Tasik. Indonesia merupakan negara yang berada di jalur gempa teraktif di dunia karena lokasinya berada di zona ring of fire, hal inilah yang menyebabkan Indonesia sering diguncang gempa bumi akibat dari pergerakan lempengan. Hal ini juga menjadikan Indonesia terdapat gunung berapi yang sewaktu-waktu bisa meletus. Meski berada di lokasi rawan bencana, namun disisi lain letak geografis ini menjadikan Indonesia sebagai negeri yang subur dan juga memiliki keindahan Alam

Gunung Galunggung merupakan salah satu gunung berapi yang masih aktif di Indonesia, terletak di Kabupaten Tasikmalaya tepatnya di sebelah Barat Kota Tasikmalaya. Pesona keindahan alam Gunung Galunggung mempunyai daya tarik tersendiri bagi masyarakat. Hal ini menjadikan Gunung Galunggung sebagai Objek Wisata Alam yang menjadi pilihan untuk dikunjungi saat musim liburan terutama libur setelah lebaran. Selain bisa menikmati kesejukan alam yang masih asri, wisatawan juga bisa melihat keindahan Kota diatas ketinggian dari bibir kawah, selain itu wisata alam Galunggung juga menyediakan pemandian air panas yang dapat merileksasikan tubuh.

Selain puncak Gunung, kaki gunung galunggung juga menyediakan alam yang tak kalah Indahnya. Disebelah timur laut Gn. Galunggung terdapat sebuah curug yang menarik untuk dikunjungi wisatawan, Sobat Folks Traveller tahu kan namanya? ya namanya adalah Curug Badak.

Lokasi wisata alam Curug Badak Hanoman

Curug Badak adalah salah satu tempat wisata yang ada di Tasikmalaya yang beralamat di Kampung Setiamulya Desa Sukasetia Kecamatan Cisayong kabupaten Tasikmalaya. Setelah di telusuri ternyata curug badak letaknya di kaki Gunung Talaga Bodas.


Jalan menuju Curug Badak Hanoman

Hey folks, ke Curug Badak lewat jalan masa sih? Untuk menuju tempat wisata Curug Badak salah satu rute atau jalan alternatif yang bisa dilewati adalah, dari pusat Kota anda bisa menuju Jalan Cisinga (Ciawi - Singaparna), lalu ke arah Cigorowong setelahnya masuk ke Jl. Setiamulya.

Untuk lebih jelasnya anda bisa menggunakan google map dibawah

Menikmati Keindahan alam Curug Badak

Pada hari Minggu 09 Juni 2019 saya berkesempatan mengunjungi Curug Badak. Gak ada niatan sih pergi ke sini karena awalnya ke Cisayong untuk Ngaliwet di rumah temen kuliah. Namun karena dirumah temen banyak tamu pada akhirnya saya mengusulkan untuk bermain ke Curug Badak karena lokasinya yang sangat dekat. Sebelum menuju curug Badak, saya sempat menikmati hidangan kopi di Kedai Kopi Baraya, Taman Wisata Jabal Nur.

Setibanya di Pintu Masuk Curug Badak, terlihat wisatawan penuh banget dan diluar dugaan saya yang saya kira gak bakalan serame gini. Tapi ya maklum lah tempat wisata Curug Badak sedang trend alias familiar terutama dikalangan anak muda pecinta wisata alam apalagi saat saya kesini (09/06/2019) masih dalam suasana libur lebaran.

Libur Lebaran Menikmati Kesejukan Curug Badak Cisayong Kabupaten Tasikmalaya
Cintailah alam seperti mencintai diri sendiri, sebuah kalimat yang menyambut kedatangan wisatawan


Ketika memasuki lokasi wisata curug badak, wisatawan disuguhi dengan pemandangan alam pegunungan yang asri nan indah juga udara yang sangat sejuk dan juga bersih. Dijamin deh anda bakalan bernafas layaknya bayi karena wisata alam ini berada di lokasi hutan Pinus perhutani yang membuat udara disini bersih banget tanpa pulusi udara perkotaan.

Menuju curug Badak, biar lambat asal selamat

Untuk mencapai curug badak, wisatawan harus berjalan kaki menyusuri hutan pinus sepanjang ratusan meter menelusuri jalan setapak. Anda harus berhati-hati karena jalanan yang licin juga curam bakal jadi sajian saat menuju Curug Badak yang lokasinya berada dibawah hutan pinus.

Libur Lebaran Menikmati Kesejukan Curug Badak Cisayong Kabupaten Tasikmalaya
Tidak cuma arus balik lebaran, jalan menuju lokasi curug badak juga diberlakukan sistem buka tutup. Hehehe

Nah setelah melewati jalanan terjal, sampailah di lokasi curug badak dan ternyata ramai banget sehingga saya tidak berniat mendekati lokasi curug, hanya melihat dari kejauhan. Sayang juga sih tidak melihat batu yang katanya mirip badak :D tapi terlihat kan curugnya?

Libur Lebaran Menikmati Kesejukan Curug Badak Cisayong Kabupaten Tasikmalaya
Curug Badak yang dipenuhi wisatawan. Terlihat ada 2 aliran curug kembar 
Curug Badak ini memiliki 2 aliran curug, dari beberapa sumber (bukan sumber resmi) ketinggian curug/air terjun ini sekitar 30-40 meter.


Hutan Pinus Curug Badak tempat yang Instagrammable, Cocok dijadikan Spot Foto

Selain sajian Curug Badak, ada apa saja sih di sajikan tempat Wisata Ini? Bagi anda yang suka dengan aktifitas berfoto, lokasi wisata curug badak sangatlah cocok dijadikan spot foto untuk menambah koleksi fotomu di media sosial. Keindahan alam hutan pinus merupakan salah satu spot foto yang disajikan oleh bumi secara alami tanpa adanya keterpaksaan di Curug Badak.

Libur Lebaran Menikmati Kesejukan Curug Badak Cisayong Kabupaten Tasikmalaya
Terlihat wisatawan sedang asyik berfoto di hutan pinus Curug Badak Batu Hanoman

Selain sajian hutan pinus, keberadaan tempat tidur gantung (Hammock) sangat cocok untuk dijadikan tempat berfoto

Libur Lebaran Menikmati Kesejukan Curug Badak Cisayong Kabupaten Tasikmalaya
Hammock menjadi pilihan untuk tetap eksis

Selain spot foto yang dilahirkan oleh alam, ada juga nih spot foto yang dibuat oleh kreatifitas manusia. Cocok deh untuk berfoto sama si dia, tapi yang udah halal aja ya :D
Libur Lebaran Menikmati Kesejukan Curug Badak Cisayong Kabupaten Tasikmalaya
Spot Foto Curug Badak Hanoman, Terlihat bunga membentuk lambang cinta

Selain itu di curug badak terdapat batu hanoman, namun saya tidak sempat mengambil gambarnya. Nah untuk yang suka dengan aktifitas ekstrem ada nih pilihan flying fox. Gimana berani nyoba?

Libur Lebaran Menikmati Kesejukan Curug Badak Cisayong Kabupaten Tasikmalaya
Flying Fox -  Berani uji adrenalin?


Tadinya sih saat menikmati keindahan alam, saya ingin ditemani dengan kopi sarasa. Namun karena penuh banget jadinya ya diundur dulu rencana ngopinya dan pada akhirnya memilih untuk makan Nasi TO di Saung TO Cimala yang lokasinya gak jauh dari Wisata alam Curug Badak.

Curug Badak Cisayong, bagus untuk lokasi Outbound di Tasikmalaya. Bagaimana menurutmu?

Melihat keindahan alam yang disajikan juga lokasi yang berada diatas pegunungan Taman Wisata Curug badak Cisayong Kabupaten Tasikmalaya menurut saya cocok banget untuk dijadikan tempat Outbound. Apalagi di Kota Tasikmalaya terdapat fasilitas hotel mewah sebagai penginapan yang bisa jadi kedepannya  Tasikmalaya sebagai destinasi wisata perusahaan-perusahaan maupun pekerja pemerintahan dari luar Kota untuk berlibur. Ya menurut saya sih ketika ke Curug Badak serasa jalan-jalan di Lembang Bandung. Hehehehe



Oh ya gimana, udah pada liburan ke Curug Badak kan? Gimana rasanya piknik di Curug Badak? yuk berbagi di komentar!!! Bagi yang belum, kapan nih? Tapi yang terpenting sih mencintai alam itu bukan seberapa sering dan seberapa jauh kita menjelajahi keindahan alam, wujud kita mencintai alam adalah dengan menjaganya dimulai dengan hal yang kecil bahkan terlihat sepele seperti membuang sampah pada tempatnya dimanapun itu atau kita mengurangi produksi sampah sehari-hari. Hal tersebut merupakan wujud rasa cinta, karena rasa cinta akan menjaga tanpa melihat apakah objek yang dicintai akan memberikan timbal balik terhadap usaha kita. :D


Wisata Alam Curug Badak Cisayong, Kabupaten Tasikmalaya




Harga Tiket Masuk : Rp. 10.000/Org
Harga Parkir Motor : Rp. 3.000
Harga Parkir Mobil : Rp. -
Sewa Tikar : Rp. -
Sewa Hammock : Rp. -
WC / Toilet : Ada
Mushola/Fasilitas Ibadah : -
Warung Makanan : Ada
Toko Souvenir & Oleh-oleh : -
Akses Jalan : Bagus
Tempat Menginap : Hotel di Sekitar Kota
Keterangan : Data diambil pada 9 Juni 2019; tanda (-) Penulis tidak sempat mencari informasi mengenai fasilitas tersebut, bukan berarti tidak ada 





avatar

wah ada hutan pinusnya juga, aku suka banget lihat hutan pinus

delete 12/6/19 02:39
avatar

@tiraSoekardi Iya bun, pokoknya bagus banget. Apalagi disana ada kedai Kopi. Kopi Sarasa namanya, ccok deh jadi temen santai menikmati alam :D Ayo jelajah Tasik Bun

delete 12/6/19 11:03
avatar

AKu belum pernah berkunjung ke Curug Badak :) Btw kok murce ya HTM nya hanya 10K per orang hehehe. Sepintas aku jadi ingat Hutan Pinus Mangunan di Jogja, kayak beginilah kira2. Bagus buat foto2 keren ya. Wiiiiiih mau ah napas kayak bayi hihihi udaranya segar, sejuk ga bikin batuk2 :)

delete 13/6/19 20:52
avatar

Kayaknya tempat nya asik, kapan kapan pas ada kesempatan tak maen kesana
Jangan lupa
Klik Disini

delete 13/6/19 21:17
avatar

@NurulSufitri Ayo Bun, sini biar bisa bernafas seperti bayi dan juga minum kopi di kedai kopi sarasa. Kita nikmati FOLKS DAY

delete 16/6/19 14:35
avatar

@lare_Blitar tetunya asyik dong

delete 16/6/19 14:37

Bebas berkomentar asal santun dan tidak kasar. Komentar yang mengandung konten por*o dan ju*i akan dihapus. Jangan lupa juga centang kotak "notify me" supaya ada notification jika komentarnya sudah dibalas. Terimakasih :)

 

Keep In Touch

Pengikut