Cari Sesuatu

Bikin Kamu Jago Ngoding Inilah 3 Aplikasi Text Editor Terbaik


Bikin Kamu Jago Ngoding Inilah 3 Aplikasi Text Editor Terbaik
Membuat website di jaman sekarang ini cukup mudah, karena berbagai situs menyediakan fasilitas yang mempermudah pembuatan website. Namun tidak semua orang membuat website dengan menggunakan situs tersebut. Ada juga yang membuatnya sendiri dengan menggunakan aplikasi text /HTML editor. Kebanyakan pengembang biasanya membuat sendiri dengan text/HTML editor tanpa menggunakan aplikasi online dengan sejuta fitur yang diberikan oleh situs tersebut.

Setiap programmer biasanya mempunyai pilihannya sendiri mengenai aplikasi text/HTML editor. Tergantung penilaian setiap individu mengenai kemudahan penggunaan, kebutuhan pengguna dan juga fasilitas yang dapat digunakan oleh programmer yang diberikan oleh aplikasi text/HTML editor dalam pembuatan website.

3 software text/HTML editor terbaik ini dapat mempermudah anda dalam pembuatan website

Penilaian setiap orang berbeda terhadap setiap aplikasi. Seperti penulis sendiri yang memilih notepad++ saat teman-teman kuliah saya menggunakan aplikasi Adobe Dreamwaver. Karena menurut saya saat itu notepad++ sangat mudah digunakan dibanding Adobe Dreamwaver karena saat itu hanya sekedar belajar mengenai HTML dasar yang dirasa menggunakan Notepad++ sudah sangat cukup membantu dan mempermudah.

3 Aplikasi text editor andalan Programer untuk membuat website

Mengenai aplikasi text/HTML editor, berikut penulis berikan aplikasi text/HTML editor yang mungkin akan cocok digunakan oleh anda.

1. Notepad++

Bikin Kamu Jago Ngoding Inilah 3 Aplikasi Text Editor Terbaik
Saran penulis, jika anda seorang web developer sediakanlah Notepad++ dalam flasdisk anda. Mengapa? Karena saat anda diluar rumah sedang ada sesuatu yang harus diperbaiki dalam projek web yang anda buat, lalu anda tidak membawa laptop yang didalamnya ada aplikasi jagoan anda, Notepad++ lah yang cocok untuk mengatasi masalah ini. Anda tinggal menginstal beberapa detik aplikasi ini di laptop/komputer teman anda dan andapun bisa bekerja. Selain itu biasanyaa disetiap PC/Laptop terpasang aplikasi editor ini. Maka dari itu sesekali buka project anda dengan notepad++ untuk sekedar beradaptasi dengannya.

Notepad++ adalah sebuah penyunting teks dan penyunting kode sumber yang berjalan di sistem operasi Windows. Notepad++ menggunakan komponen Scintilla untuk dapat menampilkan dan menyuntingan teks dan berkas kode sumber berbagai bahasa pemrograman.

2. Brackets

Bikin Kamu Jago Ngoding Inilah 3 Aplikasi Text Editor Terbaik
Aplikasi inilah yang sedang penulis gunakan saat ini. Tampilannya yang keren, powerful, dan terlihat stylish akan membuat anda nyaman saat bekerja dengan baris-baaris kode. Selain itu juga jika aanda jenuh dengan tampilan interface aplikasi brackets, anda dapat mengunduh tema-tema yang menarik sesuai keinginan anda.

Selain karena tampilannya, kemudahan dan fasilitas dalam pembuatan website adalah yang paling utama dalam aplikasi ini. Cukup menginstal pluggin yang akan anda butuhkan yang akan mempermudah dalam mengerjaakan projek web anda


3. PHP Designer

Inilah aplikasi yang penulis gunakan setelah hijrah dari notepad++. Karena membutuhkan sesuatu yang lincah dibanding notepad, dipilihlah PHP Designer yang menunjang kebutuhan belajar saat itu.

PHP Designer adalah sebuah software yang digunakan dalam pembuatan website seperti membuat HTML, CSS3, dan javascript dengan mudah dan disertai dengan berbagai macam fitur yang dapat memudahkan anda dalam melakukan pembuatan web.

Seperti membuat tabel. Anda cukup pilih menu tabel, lalu pilih berapa kolom dan baris yang anda butuhkan, lalu secara otomatis code html untuk tabel tersebut tertulis dalam syntax projek anda.



Lalu yang mana Text Editor Terbaik Yang Bikin Kamu Semangat Ngoding?

Menurut penulis, yang terbaik itu adalah yang dapat mempermudah pekerjaan dan sesuai kebutuhan yang menggunakannya. Namun saat ini penulis menyukai Brackets. Kenapa? coba saja sendiri. Itulah 3 Software untuk membuat web yang perlu anda coba.


3 comments

avatar

Itu aplikasinya bisa ngecek struktur datanya gak bang??

Balas Hapus Komentar
avatar

Kalo ada error bakal terlihat :D saya lebih suka bracket karena tersedia plugin-plugin keren

Balas Hapus Komentar

Bebas berkomentar asal santun dan tidak kasar. Komentar yang mengandung konten por*o dan ju*i akan dihapus. Jangan lupa juga centang kotak "notify me" supaya ada notification jika komentarnya sudah dibalas. Terimakasih :)

 

Jika rangkaian kata tidak memberikan manfaat bagi yang mendengarnya, maka diam lebih baik. -Lupa sumber