Beginilah Cara Mendaftarkan diri untuk menghadiri Connect Live 2019

Beginilah Cara Mendaftarkan diri untuk menghadiri Connect Live 2019
Beberapa jam yang lalu teman saya mengirimkan postingan disertai gambar di Facebook. Adapun gambarnya tentang kesempatan untuk menghadiri Connect Live 2019 di California, Amerika Serikat. Wah keren banget..., Lalu saya mencoba membuka email berharap dapat link undangan juga. Ya benar saja, saya juga mendapat undangan tersebut. Sayapun senang melihatnya dan bersedia untuk mendaftarkan diri dalam kegiatan tersebut.

Acara Connect Live 2019 akan diselenggarakan pada tanggal 12-15 November 2019 di San Jose, CA,USA. Wah keren banget kan, mengapa sih keren banget? Karena San Jose merupakan merupakan daerah yang termasuk sebagai wilayah Silicon Valley. Adapun Silicon Valley adalah sebutan atau julukan bagi daerah selatan San Francisco Bay Area, California Amerika Serikat.

Julukan ini diberikan karena pada daerah tersebut banyak perusahaan yang bergerak dibidang komputer. Adapun perusahaan-perusahaan raksasa yang tinggal di Wilayah Silicon Valley diantaranya adalah CISCO, Adobe, Apple, Yahoo, Intel dan juga tentunya Google. Bisa dibilang Silicon Valley adalah surganya orang-orang penggila teknologi terutama bagi mereka yang berkecimpung di dunia start-up.

Ngomongin tentang google, saya juga pernah mengikuti event yang diselenggarakan oleh Google yaitu Indonesia Android Kejar. Bagaimana ceritanya? Yuk simak di Pengalaman Mengikuti IAK Batch 3 di Bandung

Apa itu Google Local Guides?

Sebelum membahas bagaimana cara Mendaftarkan diri untuk menghadiri Connect Live 2019, alangkah baiknya kita tahu tentang Google Local Guide. Karena masih banyak lho teman yang belum tahu Local Guide, kegunaan dan manfaatnya. Pastinya anda suka membuka google map? Iya kan? Nah di google map suka ada komentar, foto maupun ulasan dari sebuah tempat. Nah itu adalah hasil dari komunitas Local Guide. Adapun pengertiannya Google Local Guides adalah sebuah komunitas bagi penjelajah dunia yang berbagi ulasan, berbagi foto, menambahkan pertanyaan, menjawab pertanyaan, menambahkan tempat, mengedit tempat juga memerisa fakta mengenai tempat di google map.


Beginilah Cara Mendaftarkan diri untuk menghadiri Connect Live 2019
Email undangan Google Local Guide Connect Live 2019


Cara Mudah Mendaftarkan diri untuk menghadiri Connect Live 2019

Tidak semua orang bisa mendaftarkan diri untuk menjadi peserta Event Connect Live 2019. Karena undangan-nyapun dikirimkan melalui email kepada orang-orang tertentu yang dipilih oleh sistem. Adapun cara untuk mengikuti Google Local Guides Connect Live 2019, anda harus mengikuti beberapa syarat berikut ini.

Beberapa Syarat dan hal yang harus dipersiapkan sebelum mengikuti Connect Live 2019

Adapun syarat dan hal yang harus dipersiapkan adalah:

1. Akun Google Local Guide sudah mencapai Level 5
Inilah syarat pertama jika anda ingin mengikuti Connect Live 2019, yaitu Akun Google Local Guide minimal sudah mencapai Level 5 yang diperoleh dari point. Jika tidak, maka anda tidak masuk kategori dan tidak akan menerima email undangan. Dari mana sih point didapatkan? Tentunya ya berkontribusi bagi Google Local Guide, salah satunya saya me-review, menambahkan foto Rumah Makan Dapur Santri Tasikmalaya, tempat makan yang enak di Tasikmalaya yang artikelnya bisa dibaca di Makan di Dapur Santri Tasik jangan sampai jadi Ketagihan

2. Batasan umur calon peserta
Jika akun anda sudah mencapai Level 5 maka anda mendapatkan undangan yang berisi link menju formulir pendaftaran. Dalam formulir tersebut ada persyaratan bagi calon peserta Google Local Guide Connect Live 2019 yaitu umur calon peserta minimal 21 tahun terhitung pada 12 November 2019. Saya tidak tahu apa yang akan terjadi jika umur calon peserta kurang dari itu, namun tak ada salahnya mencoba jika anda mendapatkan undangan tersebut.

Beginilah Cara Mendaftarkan diri untuk menghadiri Connect Live 2019
Form Pendaftaran Connect Live 2019


3. Memiliki VISA ataupun ESTA
Karena acaranya bukan di Indonesia, syarat selanjutnya calon peserta harus memiliki VISA atau ESTA. Jika anda tidak mempunyai dokumen tersebut maka anda harus membuat aplikasi/dokumen tersebut. Untungnya bagi yang baru membuat dokumen tersebut untuk pertama kalinya, google akan menanggung biaya pembuatan aplikasi tersebut.

4. Membuat video pendek
Ini yang harus dipersiapkan sebaik mungkin, calon peserta harus membuat video dengan syarat-syarat berikut ini
  1. Berdurasi 60 detik
  2. Menggunakan Bahasa Inggris
  3. Menceritakan tentang (Pilih salah satu) : 1. Tempat favorite, dan mengapa menjadi sangat spesial; 2. Salah satu hal apa yang ingin diketahui orang lain mengenai komunitas anda; 3. Mengapa anda bangga menjadi pemandu lokal?
Nah itulah 3 syarat yang harus dipenuhi dalam pembuatan video. Adapun video tersebut diupload ke youtube atau Google drive.

5. Membuat artikel atau postingan
Ini juga tidak kalah pentingnya, anda harus membuat tulisan semenarik mungkin di local guide yang ditulis dalam Bahasa Inggris, bercerita tentang hal yang disukai dalam berbagi di Google Map dan alasannya. Apakah karena suka mencari tempat terbaik atau ingin membuat Peta lebih mudah dan ramah? Ceritakan sesuai gaya bahasamu dan semenarik mungkin agar kamu lolos dan berangkat ke CA.

Beginilah Cara Mendaftarkan diri untuk menghadiri Connect Live 2019


Nah itulah syarat-syarat dan hal yang harus dipersiapkan untuk mendaftarkan diri mengikuti program yang diselenggarakan google yaitu Connect Live 2019. Apakah anda sudah masuk kriteria maupun syarat? Yuk cek email anda. Oh ya, acara ini gratis dan semua biaya ditanggung oleh google lho. Semoga bermanfaat dan doakan biar saya lolos. Sudahi saja tulisannya saya mau bikin video pendek dulu. Terimakasih





avatar

Emg jd ya kang ke sana... Kl iya betul selamet yaah... Jrg"bisa ngikut apalg diundang ke sana... Buat videonnya yg keren yahh... Semangat.... Mumpung msh muda. 😀👍👍

delete 6/3/19 15:40
avatar

Ane juga dapet undangan ke acara ini. Mau tanya kita kan harus submit application, apa nanti kita diseleksi lagi sama googlenya?
Oh iya kalo daei indoneInd pas submit pilihnya visa atau esta ya?

delete 6/3/19 18:49
avatar

@Heni ada beberapa proses yang harus ditempuh. Belom tentu dapat, masih harus melawan pesaing

delete 6/3/19 23:14
avatar

@adm tentunya pasti diseleksi karena yang menerima undangan banyak banget. Mengenai VISA atau ESTA saya belom keluar negri :V jadi gak tau

delete 6/3/19 23:15
avatar
Dwi

Saya juga dapat undangannya nih, sayang harus berbahasa inggris ya, padahal namanya saja local guide. Hihi... terima kasih sharingnya.

delete 8/3/19 05:35
avatar

semoga ada lagi untuk event lokal di Indonesia

delete 10/3/19 11:28
avatar

Artikel nya sangat membantu Kak. Aku juga dpt email undangan, tapi belum ku pelajarin. Ternyata cara daftarnya mudah 😊

delete 8/4/19 11:15
avatar

iya dik, ayo daftar. siapa tahu punya ksempatan ke CA

delete 9/4/19 22:57
avatar

lumayan berat persyaratannya,, it's normal

delete 10/4/19 06:22
avatar

menurut saya mah simple aja persyaratannya

delete 14/4/19 13:49

Bebas berkomentar asal santun dan tidak kasar. Komentar yang mengandung konten por*o dan ju*i akan dihapus. Jangan lupa juga centang kotak "notify me" supaya ada notification jika komentarnya sudah dibalas. Terimakasih :)

 

Keep In Touch

Pengikut