Jadwal Kajian Rutin Anak Muda yang Kekinian di Tasikmalaya

Jadwal Kajian Rutin Anak Muda yang Kekinian di Tasikmalaya
Assalamualaikum warahmatullahi Wabarakatuh sahabat pembaca semua. Bagaimana kabarnya? Semoga ada dalam keberkahan. Kalo liat sosmed nih ya, beranda facebook ku penuh dengan postingan dakwah islami. Hampir berbagai latar belakang teman sosmed, dalam sehari selalu membuat postingan dakwah islam, entah itu menulis sendiri ataupun share content dari orang lain.

Ngomongin Dakwah ya tentunya berkaitan dengan Hijrah yang sedang menjadi trend di kalangan anak muda. Apa yang melatar belakangi trend nya hijrah gak akan saya bahas, namun terkadang menarik memang fenomena ini. Dimulai datangnya Ustad Felix Y Siaw yang mengguncang dengan buku Udah Putusin Aja lalu menjadi Artis sosmed sampai-sampai twitternya paling banyak di follow diantara ustad-ustad yang lain hingga berdirinya Yuk Ngaji, sampai komunitas Hijrah Bandung yang bernama Pemuda Hijrah yang akun Instagramnya mempunyai followers jutaan orang.

Fenomena ini membuat perubahan, media sosial yang dulunya berisi ketidak jelasan candaan, curhatan, tulisan dan sebagainya kini berubah menjadi medium untuk berdakwah oleh banyak penggunanya. Gerakan hijrah ini tak hanya dilakukan secara online, bahkan gerakan ini berjalan secara offline.

Hal ini dapat dilihat dengan berubahnya cara berpakaian wanita yang dulunya menampakan aurat kini menjadi menutup aurat (Meski belum secara syar`i menurut pandangan yang saya ambil). Juga penuhnya masjid-masjid saat shalat berjamaah oleh anak muda maupun penuhnya masjid saat kajian yang diadakan dan diisi oleh para pemuda.

Ya memang hijrah ini merupakan sebuah gerakan massive oleh kalangan pemuda-pemudi dari yang dulunya suka main gak jelas dipinggir jalan kini memilih untuk mengisi waktunya ke kajian. Bisa dilihat lah di youtube bahwa sekarang yang suka kajian itu mayoritas anak muda.

Ngomong-ngomong soal kajian nih, emang sekarang kajian ini lagi digandrungi anak muda. Wajar sih ya sekarang orang-orang mulai berhijrah dari hal-hal negatif ke hal yang positif. Bisa jadi pemikirannya sudah berubah dari yang salah menjadi benar. Sehingga tahu mana yang baik mana yang tidak, karena sebaik-baik manusia adalah ia yang meninggalkan sesuatu yang tidak bermanfaat.

Gerakan hijrah ini bukan hanya terjadi di kota-kota besar seperti Jakarta maupun Bandung, gerakan ini pun terjadi di Kota Tasikmalaya mungkin sekitar tahun 2013-an kebawah dikit.  Bisa dilihat kini Pemuda Tasik sukanya ke kajian bukan main gak jelas dijalanan, yah meski sebagian futur hehehe.

Nah ngomongin kajian nih ya, di Tasikmalaya Kota kini banyak jadwal kajian terbuka untuk umum yang diselenggarakan oleh para pemuda yang diselenggarakan selain di Masjid Agung Kota Tasikmalaya. Keren banget kan? Nah untuk itu pada artikel kali ini saya akan memberikan jadwal kajian umum yang ada di Tasikmalaya. Yuk dicatat jadwalnya

Info Kajian & Jadwal Kajian Rutin Untuk Umum Seputaran Kota Tasikmalaya

Inilah jadwal kajian umum yang diselenggarakan secara rutin di Kota Tasikmalaya, Baik untuk pelajar, mahasiswa, remaja, pemuda bahkan orang tua dan lintas komunitas maupun organisasi

Senin

Kajian FORMASSALAM // BA`DA ASHAR

Tempat : πŸ•Œ Mesjid Assaudiyah (Sebrang UNPER)
Waktu : Ba`da Ashar
Materi Pokok :


Selasa

Kajian Rumah Dakwah Abu

Tempat : Rumah Dakwah Abu RDA, Sebrang Polresta Tasik
Waktu : Ba`da Ashar
Materi Pokok : Tauhid


Kajian Rumah Quran (RQ) Al-Liwa

Tempat : Masjid Mutiara Tasik Regency
Waktu : Ba`da Isya
Materi Pokok :


Rabu


Kajian RQ Al-Liwa

Tempat : Masjid Fastabiqul Khairat, Jl. Bougenville Pondok Kharisma Residence
Waktu : 10.00 - Selesai
Materi Pokok : Kitab Bulugul Maram min Adillatil Ahkam
Keterangan : Khusus Akhwat

PONPES Assunah

Tempat : Masjid PONPES Assunah, Paseh
Waktu : Ba`da Ashar
Materi Pokok : Tauhid



PONPES AL-IHSAN

Tempat : PONPES AL-IHSAN
Waktu : Ba`da Maghrib
Materi Pokok : Tauhid & Bahasa Arab




Kajian BAPERAN (Barisan Pecinta Al-quran)

Tempat : Masjid An-Nur Jl. Gudang Jero 2
Waktu : Ba`da Maghrib
Materi Pokok : Tahsin



Kamis

Kajian Rutin FORMASALAM
Tempat : Masjid As-Saudiyah Gg. Mekar 2, Gn Roay 2 / Seberang UNPERWaktu : 09.00 - SelesaiMateri Pokok :NOTE : Khusus Akhwat



Kajian Rutin Rumah Dakwah Abu

Tempat : Rumah Dakwah Abu RDA, Sebrang Polresta Tasik
Waktu : Ba`da Ashar
Materi Pokok :



Kajian Rutin UNKIMAKES POLTEKKES


Tempat : Masjid Al-Afiyat Komplek POLTEKKES Tasikmalaya
Waktu : 19.00 - Selesai
Materi Pokok :





Jum`at

Kajian Rutin Muslimah Al-Iffah 

Tempat : Rumah Dakwah Abu (RDA) Jl Letnan Harun seberang RM. Darmaga Sunda
Waktu : 13.00-15.00
Materi Pokok : Pra-Nikah
Kterangan : Akhwat Only


Kajian Sunnah Singaparna // Masjid AL-HASAN

Tempat : Masjid Al-Hasan, Hawu Nini Cikadaongdong
Waktu : Ba`da Ashar
Materi Pokok : Pra-Nikah




kajian Geram Al-Amanah

Tempat : πŸ•ŒMesjid Al-Amanah Jl leuwidahu sebelum Sma 9 Tasikmalya Rt O1 Rw 02
Waktu : Ba`da Maghrib.
Materi Pokok :



Sabtu

BENAHI TASIK // BERI NASIHAT HIDUP

Tempat : πŸ•Œ Mesjid Al-Muttaqin, Grand Mayasari Estate, Jl. BKR
Waktu : Ba`da Ashar.
Materi Pokok :




SIRAM TASIK

Tempat : πŸ•Œ Masjid Rahmatullah, Perum BRP
Waktu : Ba`da Ashar.
Materi Pokok :



Kajian Muda-Mudi An-Nahl

Tempat : πŸ•Œ Masjid An-Nahl, Labuhan Bulan Mangkubumi (Dekat POLSEK Mangkubumi)
Waktu : Ba`da Maghrib.

Materi Pokok : -



Ahad

Kajian Sunnah Singaparna // Masjid AL-HASAN

Tempat : Masjid Al-Hasan, Hawu Nini Cikadaongdong
Waktu : Ba`da Ashar
Materi Pokok : Tauhid



Rumah Dakwah Abu

Tempat : Rumah Dakwah Abu RDA, Sebrang Polresta Tasik
Waktu : Ba`da Ashar
Materi Pokok : Tauhid



SURAU Tasikmalaya

Tempat : Masjid Al-mujahidin Kp. Cipondok
Waktu : 15.00 - Selesai
Materi Pokok : -



BAPERAN (Barisan Pecinta Al-quran) // JIHAD (Kajian Ahad)

Tempat : Masjid An-Nur Jl. Gudang Jero 2
Waktu : Ba`da Maghrib
Materi Pokok :




IREMA At-thoyyibah

Tempat : Masjid At-Thoyyibah - Leuwidahu
Waktu : Ba`da Maghrib
Materi Pokok : 



Wah banyak banget kan? Alhamdulillah hampir tiap hari ada kajian. Jadi gak ada alasan lagi gak mencari ilmu agama karena gak ada waktu luang kalo kamu gak pernah ikut atau menghadiri salah satu kajian diatas. Saya yakin kok dikampung pembaca ada kajian rutin, namun terkadang malu. Iya kan?

Nah jika malu, coba aja dulu ikut kajian umum diluar, nyari yang terdekat atau yang jadwalnya sesuai dengan waktumu. Tapi penulis pernah baca postingan Hijab Alila yang isinya...

"Luangkanlah Waktu untuk ke Kajian, Bukan ke Kajian Kalau ada Waktu Luang"

Sekarang bisa kan menggunakan waktunya untuk ikut kajian? Ayo kawan kita merapat, gunakan waktu untuk hal yang bermanfaat,  Ikut kajian di tempat yang dekat, Siapa tahu pulang2 bawa Akhwat. Aehhhh Uppsss. hihihi, just kidding gan, maafkan.

Daripada jadi ngawur mending ditutup aja artikelnya...
Ikut kajian bukan berarti sudah baik, hanya saja aku tersadar bahwa diri ini jauh dari kata baik, dan perlu belajar menimba ilmu agama agar menjadi manusia yang baik.

Oh ya, jika ada kesalahan jadwal, bisa kasih tahu dikomentar atau melalui medsos yang ada di "Terhubung Yuk"
Semoga ilmu yang didapat dikajian, bisa diamalkan...
Wassalam...

Keterangan : Artikel ini telah diubah /diperbaharui pada tanggal 19/09/2019 dengan tujuan agar artikel tetap relevan



avatar

Kl sy mh msh jauhlah dr kt baik.. Pokoke msh bnyk khilaf dn dosa...msh hrs bnyk bljr Pkoknya

delete 3/2/19 06:43
avatar

Ayo sama2 belajar baik

delete 6/2/19 04:22

Bebas berkomentar asal santun dan tidak kasar. Komentar yang mengandung konten por*o dan ju*i akan dihapus. Jangan lupa juga centang kotak "notify me" supaya ada notification jika komentarnya sudah dibalas. Terimakasih :)

 

Jika rangkaian kata tidak memberikan manfaat bagi yang mendengarnya, maka diam lebih baik. -Lupa sumber

Keep In Touch

Pengikut