Buat Tagihan Listrik Menurun Hanya Dengan 3 Tips Ini

Lakukan 3 Tips hemat penggunaan listrik ini agar tagihan menurun

Setiap hari kita sebagai manusia membutuhkan energi listrik untuk berbagai keperluan terutama untuk perangkat Eletronik Rumah Tangga. Kebutuhan energi lisrik itu digunakan baik  di siang hari dan juga malam hari. Karena digunakan terus menerus kita perlu menghemat energi listrik dalam aktifitas kehidupan kita.

Mengapa kita harus hemat energi listrik?

Tidak secara langsung dapat kita sadari, bahwasannya mungkin kita telah menggunakan dan juga telah memakai energi listrik secara berlebihan ataupun juga Boros dalam kehidupan sehari-hari. Mengingat bahwa kersediaan sumber daya energi listrik di dunia ini sangat terbatas, tentunya kita sebagai manusia harus dapat menyadari tentang pentingnya berhemat mengenai sumber daya energi terutama energi listrik, demi kelangsungan hidup anak cucu kita nanti.

Berhemat energi listrik bukan hanya tentang tagihan listrik yang harus dibayar, tapi juga mengenai masa depan energi tersebut.

Maka dari itu marilah kita Terapkan Gaya dan juga Pola Hidup Hemat, terutama dalam penggunaan Energi Listrik yang kebutuhannya tidak ada hentinya setiap Hari entah itu hemat energi listrik dirumah, hemat energi listrik ditempat kerja, hemat energi listrik disekolah dan tempat lainnya.


Baca juga : 3 Alasan Mengapa Jangan Galau Saat Hujan, Yuk Sudah saatnya Kita Menyukai Hujan

Kebiasaan buruk kita adalah pemakaian energi listrik yang boros

Sering kali kita memiliki kebiasaan yang buruk terutama menggunakan listrik. Efek pada kebiasaan pemakaian energi listrik yang buruk dan boros ini akan terlihat nyata dan dirasakan ketika setelah Diakumulasi pada akhir bulan, ketika hendak mau membayar listrik. Ya, ada dampak nyata yang sangat merugikan saat menggunakan listrik secara berlebihan yaitu tagihan listrik yang membengkak. Tagihan yang membengkak dapat menguras dompet bapak ataupun ibu. Bisa-bisa uang dapur harus dikurangi hanya karena penggunaan listrik yang berlebihan.


Manfaat penggunaan energi listrik yang hemat

Biasanya kita tidak melakukan suatu hal karena tidak mengetahui manfaat dan dampak positif yang akan kita dapatkan. Tak terkecuali saat  melakukan penghematan energi. Saat menghemat energi tentunya kita akan mendapatkan berbagai macam manfaat. Manfaat penghematan energi listrik adalah sebagai berikut:

1. Peralatan elektronik menjadi awet

Saat kita berusaha menghemat energi dengan membatasi penggunaan elektronik dengan mencabutnya dari saklar akan membuat barang elektronik anda menjadi awet dan tahan lama. Anda bisa membandingkan barang elektronik yang sering dipakakai dan yang tidak sering dipakai.

Selain itu, saat kita mencabut barang elektronik dari saklar saat tidak diperlukan akan menghindari terjadinya kosleting barang elektronik tersebut terutama saat dalam keadaan rumah ditinggal. Bukan tidak mungkin ada genting yang bocor, lalu masuk ke celah celah cover barang elektronik, lalu air tersebut membasahi papan sirkuit elektronik. Hal tersebut akan menyebabkan kosleting barang elektronik tersebut dan membuatnya rusak bahkan dapat menyebabkan kebakaran.



2. Hidup menjadi sehat

Saat kita mematikan lampu dimalam hari, hidup kita akan menjadi lebih sehat. Saat tidur tubuh kita memproduksi Hormon melatonin. Hormon melatonin ini sangat berkaitan erat terhadap kemampuan tubuh dalam menjaga kekebalannya. Dengan tidur sambil menyalakan lampu maka akan menghambat  dan memperlambat proses produksi hormon melatonin dalam tubuh, sehingga munculah beberapa masalah dan berbagai penyakit karenanya.


3. tagihan listrik menjadi turun drastis

Dengan menghemat energi listrik, kita tak perlu lagi memotong anggaran untuk dapur anda. pemakaian barang elektronik yang sia-sia dapat dialihkan untuk keperluan dapur dan juga kebutuhan lainnya yang sangat penting.


Tips dan cara agar pemakaian listrik tidak boros

Demi mengurangi pembengkakan tagihan Listrik setiap Bulan, penulis akan Membagikan Tips Cara Menghemat Energi Listrik sebagai panduan juga pedoman guna menghindari kebiasaan buruk pemakaian energi listrik yang boros yang dapat membuat tagihan listrik dirumah menurun.


Baca juga : Hari Gini Masih Percaya Mitos Malam Jum`at? Coba Baca Fakta Ini

Inilah tiga tips hemat penggunaan listrik ini dapat dan bertujuan untuk membuat tagihan listrik rumah anda menurun


1. Matikan lampu disiang hari

Lakukan 3 Tips hemat penggunaan listrik ini agar tagihan menurun
Gunakan lampu rumah saat benar-benar dibutuhkan saja terutama pada malam hari. Banyak rumah-rumah yang biasanya menyalakan lampu disiang hari dengan alasan ruangan yang gelap. Sesungguhnya untuk menerangi ruangan rumah, kita bisa menggunakan cahaya matahari dengan membiarkan cahaya itu masuk kerumah melalui jendela.

Namun untuk didaerah padat penduduk, biasanya cahaya rumah sulit masuk melalui jendela. Nah kita bisa mengubah atap rumah kita dengan mengganti beberapa bagian atap dengan sesuatu yang tembus cahaya dan juga tentunya mengganti genting rumah dengan genting yang bening seperti kaca.

Jika cara diatas tidak bisa dilakukan, kita bisa mengubah lampu rumah dengan lampu hemat energi. Untuk menerangi ruangan yang besar, hindari menggunakan lampu yang berukuran besar. Sebaiknya gunakan banyak lampu untuk ruangan tersebut dengan lampu hemat energi di berbagai sudut. Karena tak semua sudut ruangan kita pakai,. kita bisa menyalakan lampu sesuai sudut yang digunakan untuk beraktifitas.


2. Gunakan AC seperlunya

Lakukan 3 Tips hemat penggunaan listrik ini agar tagihan menurun
Untuk dikota-kota besar dan ditempat yang padat penduduk biasanya disetiap rumah menggunakan AC. AC ini berguna untuk mengatur suhu ruangan. Namun buruknya AC ini bekerja dengan memakan energi listrik cukup besar bahkan lebih banyak dibandingkan dengan peralatan elektronik rumah lainnya. Bila di rumah Anda mewajibkan menggunakan AC, belilah AC yang hemat energi.

Namun sebaiknya kita hindari penggunaan mesin pendingin ruangan ini. Jika rumah anda memungkinkan untuk menambah ventilasi udara, buat ventilasi sebanyak mungkin agar banyak angin yang masuk. Selain itu anda bisa menanam tanaman diluar rumah agar terasa segar teutama tanaman sayur yang bisa memberikan manfaat yaitu untuk dikonsumsi.

Jika anda berniat membangun rumah, sebaiknya anda mendesain rumah anda dengan desain rumah yang ramah lingkungan dan juga dengan desain yang ramah terhadap energi listrik.

3. Cabut colokan kabel/terminal dari saklar saat tidak digunakan

Lakukan 3 Tips hemat penggunaan listrik ini agar tagihan menurun
Biasanya kita membiarkan televisi, charger dan peralatan elektronik lainnya menempel terus pada saklar. Meskipun tidak digunakan, barang-barang elektronik yang terhubung ke saklar akan terus memakan energi listrik. Meskipun energi listrik yang dikonsumsi sedikit dalam setiap harinya, namun jika dikalkulasikan selama sebulan energi yang dimakan sangat lumayan. Jika kebiasaan ini terus dilakukan, anda membayar listrik untuk keperluan yang tidak anda gunakan.

Ketika benar-benar tidak diperlukan, cabut colokan barang elektronik dari saklar. Hindari meninggalkan barang elektronik dengan colokan yang masih menempel kesaklar. Selain untuk hemat energi, langkah ini dapat menghindari terjadinya kosleting listrik yang biasanya terjadi pada saklar dan terminal listrik. Kosleting listrik ini merupakan salah satu penyebab terjadinya kebakaran. Tidak sedikit kebakaran disebabkan oleh kosleting listrik daru saklar listrik.

Baca juga : Hal Yang Dibenci Akan Menjadi Keuntungan, Tergantung Bagaimana Cara Menyikapinya

Ketika hendak tidur, cabut semua barang elektronik yang tidak akan digunakan dari terminal. Saat malam hari banyak peralatan elektronik yang colokannya menempel ke saklar listrik seperti televisi, HP, Komputer, Lampu Rumah dan lain sebagainya. Selama kita tertidur barang-barang tersebut tidak kita gunakan. Sedang jika barang tersebut terus menempel ke saklar saaat tidak digunakan, akan membuat tagihan listrik anda membengkak.

Apakah tips-tips hemat listrik diatas ampuh?

Penulis tidak dapat memastikan cara-cara diatas dapat membuat tagihan listrik anda turun. Kenapa? Penulis yakin disuatu waktu anda akan malas untuk melakukan hal-hal diatas. Jadi jika ingin merasakan manfaat artikel ini, anda harus melakukannya selama sebulan penuh. Anda harus tetap berupaya untuk menghemat energi listrik. Semua itu tergantung dari anda.

Itulah 3 Tips hemat penggunaan listrik ini dapat membuat tagihan listrik menurun. Selamat berusaha menjalankannya...




avatar

Mantap bingits. Sedih saya kalau akhir bulan tagihan listrik naik drastis. Musti pintar2 berhemat....

delete 9/1/19 08:16
avatar

Iya betul sekali, mencabut semua colokan di siang hari (yang tidak perlu) kecuali misalnya kulkas, dispenser, dan magicom. Manfaat hemat listrik ini juga saya peroleh antara lain dari tidak menonton televisi hehehe. Terimakasih tipsnya. Luar biasa membantu.

delete 10/1/19 21:07
avatar

Ya, berhematlah...

delete 24/1/19 10:49
avatar

Nah itu... Colokan hp slalu aja nangkring... Tp kl mlm lampu pd diredupin... Trrutama lmp tidur.. Magicom du cbt

delete 25/1/19 16:22
avatar

colokan HP kecil sih..., tapi jika adaptor terus nyolok, lumayan juga kalo diakumulasikan

delete 27/1/19 11:16

Bebas berkomentar asal santun dan tidak kasar. Komentar yang mengandung konten por*o dan ju*i akan dihapus. Jangan lupa juga centang kotak "notify me" supaya ada notification jika komentarnya sudah dibalas. Terimakasih :)

 

Keep In Touch

Pengikut