Jangan Hanya Membentuk Karakter Kepada Anak sendiri, Tapi...

Jangan Hanya Membentuk Karakter Pada Anak sendiri, Lihatlah dibalik Jendela Rumah
Orang tua yang baik adalah orang tua yang peduli terhadap anak-anak dilingkungannya bukan hanya peduli dengan anaknya sendiri. Yang akan jadi masalah adalah ketika lingkungan sosial tempat tinggal berkualitas buruk.

Maka seberapapun besar kepedulian orang tua terhadap anaknya namun tak mempunyai rasa peduli dengan anak-anak dilingkungan sekitar, itu sama saja membiarkan anaknya sendiri terjerumus ke hal negatif. karena sudah pasti setiap anak akan bermain dengan lingkungan terdekatnya bukan lingkungan luar yang jauh.

Setiap anak tidak menjadi tanggung jawab orang tuanya saja, tapi setiap orang tua bertanggung jawab kepada setiap anak.

Baca juga : Memaknai arti slogan ULTRAS "FROM FATHER TO SON" dan MENIRUNYA

Tidak semua orang tua bisa mengontrol anaknya secara real time terus menerus mengikuti posisi anaknya. Semua orang tua pasti mempunyai keterbatasan mengontrol anaknya, mungkin karena kesibukan ataupun hal lainnya.

Saat orang tua sibuk dan tidak bisa mengontrol anaknya diluar rumah tentunya berharap anaknya baik-baik saja dan tidak berada dalam hal negatif. Setiap orang tua pasti menginginkan adanya orang lain yang mengontrol dan membatasi aktifitas anaknya tersebut, jika tidak ada pengontrol/pembatas maka yang terjadi adalah kecemasan.

Agar tidak ada rasa cemas maka yang harus dilakukan para orang tua adalah rasa kepedulian terhadap anak-anak lingkungan sekitar. Setiap orang tua jangan ragu menegur anak orang lain jika salah, setiap orang tua harus melindungi anak orang lain jika posisinya terancam, dan sebagainya.

Jadilah orang tua yang peduli dengan lingkungan, ayo buat lingkungan yang baik. Tegurlah jika ada anak orang lain yang salah, ingatkan agar selalu berbuat baik juga bantulah jika ada anak yang kesulitan.

Baca juga : 6 Dampak Negatif Perkembangan Teknologi Bagi Dunia Pendidikan

Faktor yang membentuk karakter anak bukan hanya dari lingkungan keluarga saja, tapi juga lingkungan masyarakat. Jika peduli dengan anak orang lain itu berarti anda peduli terhadap anak anda sendiri dan anda telah membentuk dan membangun lingkungan yang baik.

Ah, sudahi saja. Saya bukan bapak, bukan orang tua juga. Ini hanya tulisan yang tertuang ketika melihat anak-anak dilapangan. Sebelumnya pernah ditulis di Facebook, di blog hanya dikembangkan sedikit. Terimakasih telah berkunjung



avatar

masalahnya tidak semua orang tua menyukai anaknya ditegur ketika salah, guru saja yang mempunyai hak untuk menegur digugat orang tua juga

delete 26/1/19 20:42
avatar

Nah banyak juga kasus kayak gitu. Bibi gw aja pernah beberapa kali bermasalah dengan orang tua murid

delete 27/1/19 11:19
avatar

Kyknya dh cocok jd ortu ni kang... Minimal dh belajar jd calon bpk yg baik good 👍👍

delete 3/2/19 06:23
avatar

Paling kalo fre time suka ke kajian pra-nikah. hehehe

delete 6/2/19 04:23

Bebas berkomentar asal santun dan tidak kasar. Komentar yang mengandung konten por*o dan ju*i akan dihapus. Jangan lupa juga centang kotak "notify me" supaya ada notification jika komentarnya sudah dibalas. Terimakasih :)

 

Keep In Touch

Pengikut