Inilah hal yang perlu disiapkan sebelum mengisi EMIS Online

Minggu kemarin saya mengikuti kegiatan yang diadakan BKPRMI bersama operator Madrasah se-Mangkubumi di TKA/TPA Al-Itihad Kereteg Cigantang. Kegiatan itu ya tentunya membahas mengenai emis online Madin, karena itu pada artikel kali ini saya akan membahas apa sajakah yang perlu disiapkan saat mengisi data pada aplikasi emis.

Berbeda jauh dengan beberapa periode sebelumnya yang menggunakan aplikasi Microsoft Office Excel, sekarang mengisi EMIS menggunakan aplikasi Web Base (Aplikasi berbasis web) yang dilakukan secara online (terhubung ke internet) bukan offline (tanpa koneksi internet). Tentunya akan ada banyak perbedaan dalam mengisi emis secara online melalui aplikasi emis online terutama dalam User Interface Aplikasi.

Inilah hal yang perlu disiapkan saat mengisi aplikasi EMIS Online

Oleh karena itu sebagai operator harus benar benar mempersiapkan segala sesuatu terutama yang berkaitan dengan teknologi informasi. Karena bukan tidak mungkin masih ada yang tidak tahu cara menyalakan perangkan komputer atau laptop padahal perangkat inilah yang akan menjadi alat utama dalam pengisian emis secara online.

Inilah hal yang perlu disiapkan saat mengisi aplikasi EMIS Online

Hal yang perlu dipersiapkan sebelum melakukan pengisian emis online

Apa sajakah hal yang perlu disiapkan guna keefisienan dalam pengisian emis online?

1. Perangkat komputer/laptop
Ini adalah hal yang wajib dimiliki oleh pihak sekolah/operator. Karena saat akan mengisi emis nanti alat inilah yang akan membantu pengisian data emis

2. Koneksi internet
Koneksi internet berguna untuk menghubungkan perangkat komputer/laptop ke server emis sehingga antara komputer dan server emis saling terkoneksi/berhubungan.
Lalu darimana koneksi internet? Anda bisa menggunakan modem, perangkat HP Pintar/smartphone, Wifi, dlsb.

3. Aplikasi browser
Aplikasi browser adalah sebuah alat yang digunakan untuk membuka alamat/situs emis online. Adapun beberapa aplikasi internet browser yang banyak digunakan adalah Mozilla Firefox, Opera, Google Chrome. 

4. Data penunjang
Sebelum mengisi emis sebaiknya anda perlu mengetahui data apa saja yang akan dimasukan ke aplikasi emis. Untuk itu alangkah baiknya anda mengecek situs tersebut dan membuat catatan yang diperlukan untuk dicari datanya/berkasnya. Hal ini agar saat mengisi emis nanti tidak disibukan dengan data-data yang keberadaannya perlu di cari dilemari sekolah.


5. Air minum/kopi
Anda akan merasa lelah saat bekerja nanti. karena bagi yang tidak terbiasa bekerja dengan layar komputer membuat badan terutama mata terasa lelah. Jika merasa lelah dan hilang fokus, jangan ragu untuk beristirahat. Sediakanlah air minum disamping meja kerja terutama kopi yang akan mengembalikan semangat untuk tetap beristirahat, hehehe.


Nah itulah 5 hal yang perlu disiapkan oleh operator madrasah sebelum mengisi data emis online. Semoga bermanfaat, dan buat operator madrasah tetap semangat lillahi ta`ala. Semoga jadi amal ibadah ya!!!



Bebas berkomentar asal santun dan tidak kasar. Komentar yang mengandung konten por*o dan ju*i akan dihapus. Jangan lupa juga centang kotak "notify me" supaya ada notification jika komentarnya sudah dibalas. Terimakasih :)

 

Keep In Touch

Pengikut