Pasti kamu setuju! 7 Fasilitas Yang dibutuhkan Wisata Situ Gede Tasikmalaya

<7 Fasilitas Yang dibutuhkan Di Situ Gede Mangkubumi Tasikmalaya
Liburan -7 Fasilitas Yang Harus Ada Di Situ Gede Mangkubumi Tasikmalaya Hari minggu gak ada kerjaan dan entah mau pergi kemana. Mana uang gak punya, Pacar diselingkuhin temen baik, tugas numpuk, kuliah belum bayaran. Dari pada pembaca blog personal Ridous bete mending pergi aja ke Situ Gede Mangkubumi yang merupakan daftar tempat wisata Tasikmalaya untuk sekedar refreshing ataupun jogging.

Seperti yang kita tahu Situ Gede adalah salah satu tempat wisata alam / wisata air yang ada di Kota Wisata Tasikmalaya tepatnya di Kecamatan Mangkubumi, ini adalah tempat wisata terdekat denganku yang menjadi pavorit saya. Di Situ Gede anda bisa menikmati dan melakukan berbagai hal seperti jogging, makan di tempat makan, bersepeda, refreshing, liat alam, sekedar jalan-jalan, liatin anak2 yang lagi latihan BKC, dan lain sebagainya. Pokoknya cocok deh buat tempat liburan bersama keluarga dan liburan anak apalagi Di Situ Gede banyak tempat makan enak di Tasikmalaya terutama dengan menu utama Ikan Bakar.

Namun meski Situ Gede jadi destinasi favorit warga Tasikmalaya pada setiap Jum`at dan Minggu, sayangnya ini tidak jadi perhatian pihak pengelola untuk memberikan fasilitas yang baik demi kenyamanan para pengunjung. Heuh asup we ditagih, ari fasilitas kitu keneh. hehehhe

Oleh karena itu penulis postingan ini akan membahas hal-hal yang harus ada di Situ Gede. Apa saja ya? Let`s chek this out


7 Fasilitas Yang Akan Bermanfaat Jika ada Di Situ Gede Mangkubumi Tasikmalaya

1. Bangku Taman

Bangku taman ini harus ada ditiap bibir situ. Wah enak juga ya duduk-duduk sambil lihat air, apalagi sambil baca buku. Enak deh

Bangku Taman
Designed by Freepik
Nah, gambar diatas enaknya disimpan diarea bukit yang dekat pintu utama situ gede. Ngerjain tugas ataupun sekedar browsing kayaknya enak disana kalo ada bangku seperti ini. Selain itu kan bisa juga dipake makan. Selain dibukit, cocok juga disimpan di bibir situ buat yang mau sekedar makan-makan sambil liatin air.

Bangku Taman
Designed by Freepik
Nah kalo bangku taman yang kedua cocoknya disimpan di bibir situ. Cocok banget deh duduk-duduk disana pagi hari maupun sore hari. Buat yang lagi galau cukup aja nongkrong disana sambil lempar-lempar batu. Ataupun sekeluarga duduk-duduk disana sambil makan camilan. Tapi ada tempat yang paling cocok untuk menyimpan kedua jenis bangku ini, yaitu disebelah barat dan barat laut situ gede yang tempatnya teduh oleh rindangnya pepohonan.

2. Tempat sampah setiap 5 meter sepanjang bibir situ

"Kebersihan adalah sebagian dari iman"  Itulah sebuah hadist. Namun sayangnya hadist ini tidak diterapkan oleh pihak pengelola. Bukanya para pengunjung yang suka buang sampah sembarangan, tapi tidak adanya fasilitas tempat sampah adalah penyebab utamanya. Terkadang penulis juga bingung kalo mau buang sampah, ya akhirnya ya gitu deh. 

Tempat sampah setiap 5 meter sepanjang bibir situ
Images by frrepik

Bisa kebayang kan produksi sampah situ gede? Pengunjungnya bukan satu atau dua orang, tapi banyak. Jadi kebayangkan berapa produksi sampah yang dihasilkan. lalu mengapa setiap 5 meter? Ini untuk menghindari pengunjung malasnya mencari tempat sampah yang dekat. Tempat sampah ini sangan cocok disimpan didekat bangku taman. Selain itu jenis sampah juga harus dipisahkan antara sampah organik dan non-organik. 

3. Wahana Bermain

Untuk selanjutnya disitu gede harus ada wahana bermain entah untuk anak maupun orang dewasa. Kalaupun ada kondisinya memperihatinkan. Dan yang tersedia hanya wahana air perahu dan rakit. Enak kayaknya disitu gede kalo ada fasilitas bermain yang memadai.

Wahana Bermain situ gede asli urang tasik
Images by freepik

4. Jalur khusus kendaraan dan Pejalan Kaki

Paling bete ketika jogging maupun sekedar jalan kaki disebelah selatan berpaspasan sama kendaraan apalagi mobil. Itu sangat mengganggu kenyamanan pejalan kaki maupun yang lagi jogging. Untuk mengatasinya ya dibuatkan area jalan kaki disebelah selatan situ gede biar pengunjung nyaman tanpa merasa terganggu saat beraktifitas.

Jalur khusus kendaraan dan Pejalan Kaki situ gede asli urang tasik
Images by freepik

5. Tempat untuk berkreasi anak-anak muda

Untuk selanjutnya adalah tempat untuk berkreasi anak-anak muda. Entah itu tempat tongkrongan atau fasilitas lainya seperti arena untuk komunitas olahraga. Jadi kan enak kalo disitu gede dijadikan tempat tongkrongan anak-anak yang positif bukan tempat tongkrongan anak yang bolos sekolah maupun yang pacaran.

Tempat untuk berkreasi anak-anak muda situ gede
Designed by Freepik


6. Perpustakaan Umum

Mengapa ini dimasukan? Karena membaca itu penting. Situ gede merupakan tempat wisata yang banyak dikunjungi oleh berbagai kalangan, Pelajar, Mahasiswa, dan lain sebagainya. Alangkah baiknya kalo disitu gede ada sebuah perpustakaan umum. Jadi keluarga yang jogging di situ gede setelahnya bisa mengajak anaknya untuk pergi ke perpustakaan. Selain itu enak juga kan kalo membaca buku di alam bebas apalagi sambil duduk dibangku taman.
Meski minat membaca kurang, tapi akin lama-kelamaan perpustakaan akan jadi tujuan utama orang pergi kesitu gede selain jogging dan makan.

Perpustakaan Umum situ gede
Designed by Freepik


7. WC Umum yang aman dan nyaman

Pernah penulis lagi jogging kebelet pingin boker. Tapi sayang diarea sekitar gak ada toilet. Jadinya ya ditahan sampe rumah. Disetiap sudut harusnya ada Toilet yang aman dan nyaman agar pengunjung dapat merasa nyaman saat kepengen buang air dan gak perlu sampe mesjid dulu untuk buang air. Ada sih ada tapi itupun gak nyaman dan gak aman.

WC Umum yang aman dan nyaman situ gede
Images by freepik


Itulah  7 Fasilitas Yang Harus Ada Di Situ Gede Mangkubumi Tasikmalaya Versi penulis postingan ini. Sudah seharusnya pihak pengelola memperhatikan kenyamanan para pengunjung agar bisa bersaing dengan tempat pemandangan indah di Bandung. Jangan lupa, jaga ya fasilitas yang ada di situ gede, kalo enggak bahaya nih karena udah Banyak Kejadian Aneh, Sebaiknya Jangan Lakukan 5 Hal Berikut Ini di Situ gede Mangkubumi. 




avatar

Semoga segera terealisasi fasilitasnya agar makin kece situ gede

delete 1/2/19 07:22
avatar

Alhamdulillah sekarang sedikit ada perubahan

delete 2/2/19 20:40

Bebas berkomentar asal santun dan tidak kasar. Komentar yang mengandung konten por*o dan ju*i akan dihapus. Jangan lupa juga centang kotak "notify me" supaya ada notification jika komentarnya sudah dibalas. Terimakasih :)

 

Keep In Touch

Pengikut