Berlangganan Melalui Email

Hari Gini Masih Percaya Mitos Malam Jum`at? Baca Fakta Ini

Hari Gini Masih Percaya Mitos Malam Jum`at? Coba Baca Fakta Ini
Hi sahabat semua, mungkin kalian pernah denger dari temen. sodara, bahkan orang tua kita yang melarang keluar rumah saat malam Jum`at tiba, katanya sih banyak hantu yang gentayangan keluar saat malam jum`at apalagi jum`at kliwon.

Ya, kata-kata dan cerita itulah yang mungkin pernah didengar oleh kita saat masih kecil dari orang tua kita. Padahal menurut penulis sih itu trik aja biar anak cepet tidur. Lho kok trik agar anak cepat tidur di malam Jumat? Kenapa sih bisa gitu? Nah kalo anak udah tidur kan tinggal mamah papah yang belum tidur. hehehe kira-kira ngapain ya mereka kok tega-teganya menipu anaknya? Yah dasar menipu anak karena pengen enak. Itu sadis!!!! membodohi lagi!!!

Kita terlalu dibodohi sama tayangan TV

Teringat saat masih kecil, kalo malam Jum`at tiba bawaanya itu menakutkan, menyeramkan dan menegangkan. ya mau gak takut gimana dari orang tua dan orang sekitar, kita dicekoki bahwa malam jum`at itu menyeramkan. Belum lagi tayangan TV yang ditonton bersama keluarga yang isinya cerita hantu, pasti deh malam jum`at itu diceritakan sebagai malam yang penuh dengan berbagai hal yang mistis. Bahkan dalam judul filmnya aja suka ada kata malam jum`at-nya. Pokoknya apa yang kita tahu dan kita pikirkan tentang malam jum`at adalah hari menyeramkan.

Iya sih itu agenda mereka untuk menakut-nakuti generasi islam agar tidak menyukai hari jum`at. Bayangkan generasi islam tertidur dimalam Jum`at yang merupakan hari besar islam, bukan menyambutnya dengan bangga. Mereka menakuti karena mereka tahu didalam malam Jum`at itu terdapat keberkahan yang tidak dimiliki hari lain. Emang sih kita mudah dibodohi. tapi betewe apa ada apa sih dihari jum`at itu?



Faktanya Hari Jum`at adalah waktu terkabulnya doa

Nah ini dia alasan mengapa kita ditakut-takuti tentang malam jum`at. ini agar pada malam tersebut kita dipenuhi rasa ketakutan sehingga tidur lebih awal dan bangun lebih akhir. Seharusnya pada malam Jum`at kita banyak berdoa dan bangun pada sepertiga malam untuk ibadah sunnah. 

Coba bayangkan siapa sih yang mau bangun sepertiga malam pada hari jum`at kalau dalam otaknya tertanam bahwa malam jum`at malam yang menyeramkan?

Mungkin sahabat pernah mendengar kalimat ini : Sebaik-baik hari bagi umat Islam dalam sepekan adalah hari Jum’at. Ia-lahsayyidul ayyaam (pemimpin hari) yang paling agung dan paling utama di sisi Allah Ta’ala. Banyak ibadah yang dikhususkan pada hari itu, misalnya membaca surat As-Sajdah dan Al-Insan pada shalat Subuh, membaca surat Al-Kahfi

Di dalam hari jumat terdapat satu waktu di mana doa begitu mustajab, dijanjikan akan dikabulkan permintaannya. Tidaklah seorang hamba yang beriman memanjatkan do’a kepada Rabbnya pada waktu itu kecuali Allah akan mengabulkannya selama tidak berisi pemutusan silaturahmi dan tidak meminta yang haram. Karenanya seorang muslim harus memanfaatkan hari yang agung ini.

Diriwayatkan dari Abu Hurairah Radhiyallahu ‘Anhu, Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam pernah membicarakan tentang hari Jum’at lalu beliau bersabda,

 فِيهِ سَاعَةٌ لاَ يُوَافِقُهَا عَبْدٌ مُسْلِمٌ وَهُوَ يُصَلِّى يَسْأَلُ اللَّهَ شَيْئًا إِلاَّ أَعْطَاهُ إِيَّاهُ

“Pada hari itu terdapat satu waktu yang tidaklah seorang hamba muslim shalat berdoa memohon kebaikan kepada Allah bertepatan pada saat itu, melainkan Dia akan mengabulkannya.” Lalu beliau mengisyaratkan dengan tangannya, -yang kami pahami- untuk menunjukkan masanya yang tidak lama (sangat singkat).” (HR. Bukhari nomor 893[1]dan Muslim nomor 852) [2]



Kapan sih waktu dimustajabnya doa pada hari jumat itu?

Para ulama berbeda pendapat tentang hal ini, namun alangkah baiknya kita terus beribadah dan berdoa kepada alloh dihari yang agung ini. Ya kalo penulis sih mending bangun disepertiga malam lalu beribadah dan berdoa. juga ada waktu tertentu yang menurut ulama merupakan waktu dimustajabnya doa alias doanya terkabul, yaitu waktu Ba`da Ashar sampai tenggelamnya matahari. Dari Jabir bin ‘Abdillah radhiyallahu ‘anhu, dari Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, beliau bersabda,

 يَوْمُ الْجُمُعَةِ ثِنْتَا عَشْرَةَ يُرِيدُ سَاعَةً لاَ يُوجَدُ مُسْلِمٌ يَسْأَلُ اللَّهَ عَزَّ وَجَلَّ شَيْئًا إِلاَّ آتَاهُ اللَّهُ عَزَّ وَجَلَّ فَالْتَمِسُوهَا آخِرَ سَاعَةٍ بَعْدَ الْعَصْرِ 

“(Waktu siang) di hari Jum’at ada 12 (jam). Jika seorang muslim memohon pada Allah ‘azza wa jalla sesuatu (di suatu waktu di hari Jum’at) pasti Allah ‘azza wa jalla akan mengabulkannya. Carilah waktu tersebut yaitu di waktu-waktu akhir setelah ‘Ashar.” (HR. Abu Daud, no. 1048; An-Nasa’i, no. 1390. Al-Hafizh Abu Thahir mengatakan bahwa sanad hadits ini shahih)




Jadi masih takut dengan Hari Jumat terutama malam Jum`at?

Yakin masih takut? Yuk mendingan kita mengakhirkan waktu  tidur dan mengawalkan waktu bangun pada malam Jum`at ini. Kita perbanyak berdoa kepada Alloh SWT, semoga doa kita diterima dan didengar, apalagi masalah Jodoh....

Ingat!!! Allah SWT tahu apa yang kita butuhkan bukan apa yang kita inginkan. Juga saat berdoa kita harus yakin doa kita diterima. Amiiin
avatar

Mantap penjelasannya bos!!
Saya sebagi pecinta horror juga sangat senang dengan kehadiran MALAM JUMAT!

delete 5/10/18 05:25
avatar

Terimakasih kunjungannya

delete 5/10/18 06:48
avatar

Jazakallah khairan, mantab artikelnya bang.

delete 5/10/18 17:53
avatar

jumat adalah hari terbaik lm islam, sudah saatnya ngikis kebodohan akibat imej yg dibuat media yg didentikan sama mistis. tulisan2 di blog seperti ini semoga makin banyak

delete 6/10/18 04:02
avatar

Wa Jazakallahu Khairan..., Masih belajar nulis

delete 6/10/18 19:19
avatar

Insyaallah akan diperbanyak. Doakan saja...

delete 6/10/18 19:20
avatar

malam jumat emang barokah, pengajian rutin, dapet pahala, silaturaahmi, perut kenyang

delete 10/10/18 02:09
avatar

Sebenarnya mitos itu mengajarkan anak-anak atau orang pada umumnya untuk dirumah, agar senang mengaji. Karena ya itu, hari yang sangat baik untuk berdoa.

delete 10/10/18 12:54
avatar

Malam jumat lebih baik buat sunah rosul gan ��

delete 10/10/18 15:06
avatar

kalau aku mah mitos itu gak pernah percaya, apapun

delete 23/11/18 02:44
avatar

Hihihi..., jadi inget jaman kid. kalo ngaji suka dikasi makanan. Sampe skrg juga gitu

delete 2/1/19 21:53
avatar

Ya kbanyakan sih menakut-nakuti

delete 2/1/19 21:54
avatar

saya belom nikah

delete 2/1/19 21:54
avatar

mitos itu katanya. katanya yang gak ada ujungnya kata si ini kata si itu

delete 2/1/19 21:55
avatar

Nggak. Saya nggak takut. Karena semua malam sama saja. Malah Jumat itu kan hari baik.

delete 18/3/19 18:53
avatar

yup, insyaallah baik

delete 8/4/19 03:21
avatar

Memang iya hari jumat apalagi malam jumatnya kan baik. Disebarkan yg nggak2 termasuk masalah sunnah rosul yg malah mengarah ke hub sex dan ditakutin ala hantu2an yang buat kita jadi makin mundur dal beragama bukannya makin maju.

delete 15/6/19 16:58
avatar

@Mama_Indri iya bun, entah mengapa malam tsb jadi identik dengan aktifitas suami istri. Juga identik dengan hantu padahal malam juma`t adalah malam yang baik karena ada keutamaan

delete 16/6/19 14:42
avatar

@alchosilber terimakasih kunjungannya

delete 16/6/19 14:43

Bebas berkomentar asal santun dan tidak kasar. Komentar yang mengandung konten por*o dan ju*i akan dihapus. Jangan lupa juga centang kotak "notify me" supaya ada notification jika komentarnya sudah dibalas. Terimakasih :)

 

Jika rangkaian kata tidak memberikan manfaat bagi yang mendengarnya, maka diam lebih baik. -Lupa sumber

Saya anggota dari komunitas...

Keep In Touch

Pengikut