Wanita memang menggoda mata, tundukan pandanganmu Akhi - Ridous

Wanita memang menggoda mata, tundukan pandanganmu Akhi

Wanita memang menggoda mata, tundukan pandanganmu Akhi
Wanita memang menggoda mata, lebih baik tundukan pandanganmu Akhi - RIDOUS
Saat ke mall, ke kampus, ke sekolah, ketoko buku dan ke area kehidupan umum lainnya sudah pasti kita (pria, saya bicara sebagai pria) tentunya akan menemukan dan melihat wanita-wanita berkeliaran. Memang itu haknya wanita untuk berada dikehidupan umum, tapi yang menjadi masalah adalah 2 hal. Adapun dua masalah tersebut yaitu yang Pertama adalah penampilan wanita yang menampakan auratnya(selain wajah dan telapak tangan) dan yang kedua adalah kita sebagai pria senang dan selalu tergoda untuk melihat keindahan wanita. Hal tersebut memang wajar karena yang namanya pria pasti ada ketertarikan terhadap wanita, itu sudah menjadi kudratnya dari Allah SWT.

Jadi seorang pria itu memang harus banyak sabar karena godaan dari wanita. Meski bukan wanita yang menggoda duluan tapi dikarenakan pria yang memandangnya dengan berulang-ulang. Tapi tetap saja awal mula berada pada penampilan wanita yang cantik rupawan sehingga memaksa mata untuk keluyuran apalagi auratnya sampe kelihatan.

Pada jaman sekarang, penampilan wanita sungguh mempesona meski wanita berstatus muslimah dengan jilbabnya ataupun berpakaian syar`i menutupi tubuhnya. Membuat mata enggan untuk melihat objek yang lain, seolah-olah tak ada yang lebih menarik perhatian saat itu dibanding wanita cantik jelita.

Namun tahukah teman, sebagai pria muslim kita wajib untuk menahan pandangan dan menundukan pandangan terhadap wanita yang bukan mahram. Islam sudah mengatur berbagai sendi kehidupan manusia, dalam QS Annur ayat ke 30 ada perintah dari Alloh SWT untuk kaum pria agar senantiasa menundukan pandanganyang artinya

Katakanlah kepada laki-laki beriman “Hendaklah mereka menahan pandangan mereka…” - Surat Annur Ayat 30

Dalam ayat diatas jelas sebagai pria kita harus selalu menahan pandangannya(pandangan mata) terutama dari wanita yang mempertontonkan auratnya. Jadi sudah seharusnya untuk metundukkan pandanganmu wahai akhi.



Bagaimana jika kita tidak sengaja melihat bagian wanita yang tidak boleh tampak?

Terkadang kalo kita dikehidupan umum, kita bakalan melihat wanita berpakaian yang mempertontonkan auratnya. Gak jarang memang kita tak sengaja melihat aurat wanita itu. Lalu apa yang harus kita lakukan?

Ada sebuah hadist yang diriwayatkan dari jarir Ibn Abdillah, bahwa dia berkata:

“Aku pernah bertanya kepada rasulullah SAW mengenai pandangan yang tiba-tiba (tidak disengaja), maka beliau menyuruhku untuk memalingkan pandanganku” (H.R Muslim)

Hadist diatas merupakan hadist/dalil tentang pandangan pria terhadap bagian aurat wanita selain wajah dan telapak tangannya. Jikapun terlanjur memandangnya, kewajiban kita adalah memalingkan pandangan ke arah yang lain.
Jadi jika kita tidak sengaja melihat wanita yang mempertontonkan auratnya, maka kita wajib untuk memalingkan pandangan kita.


Selain itu ada juga hadist yang diriwayatkan Ali R.A, ia menuturkan:

Rasulullah SAW bersabda kepadaku: "Janganlah negkau ikuti pandangan pertama dengan pandangan kedua. Karena sesungguhnya pandangan pertama untukmu, sedangkan pandangan yang kedua bukanlah untukmu” (HR Ahmad)

Sedangkan hadist ini adalah mengenai larangan untuk mengulang-ulang pandangan terhadap wanita yang dapat membangkitkan syahwat. Sehingga jika kita memandang wanita, janganlah dipandang terus dan dipandang berulang-ulang. Segeralah memalingkan wajah dan beristighfar lalu meminta perlindungan kepada Alloh SWT.


Memang hal tersebut sulit dihindari bagi pria untuk menjaga pandangannya dari wanita yang menampakan auratnya. Namun semoga saja jika kita mentaatinya, setiap ketaatan kita menjadi amal yang berkualitas yang diridhai alloh SWT.

Jadi ayo tundukan pandanganmu ya akhi dari wanita muslimah, dari wanita cantik, dari wanita yang bukan halal dan dari wanita apapun...

Namun semua ayat alquran, dalil, hadist diatas juga berlaku untuk wanita muslimah. Jadi bukan untuk akhi saja namun ukhti juga harus senantiasa menjaga dan menundukan pandangan. Mau kan jadi wanita shalehah?


 

Keep In Touch

Pengikut