Pengalaman Mengikuti Program IAK Batch 3 Bandung - Ridous

Pengalaman Mengikuti Program IAK Batch 3 Bandung

Pengalaman Mengikuti Program IAK Batch 3 Bandung
Pengalaman Mengikuti Program Indonesia Android Kejar Batch 3 Bandung Ridous
Sebenarnya sih sudah sangat terlambat untuk menceritakan pengalamanku ini saat mengikuti program Indonesia Android Kejar, karena saya mengikuti programnya tepat tahun lalu di bulan April 2017. Tapi ya gak apa-apa untuk berbagi kisah dan pengalaman bukan sekedar memenuhi tulisan saja.

Setelah tahun sebelumnya gagal jadi peserta Indonesia Android Kejar (IAK), tahun 2017 saya diterima sebagai peserta IAK Batch 3 Bandung setelah mengajukan pendaftaran sebagai peserta. Alasan saya mengikuti program tersebut karena ingin belajar aplikasi Android dan mengembangkan skill dalam pemrograman Android. Adapun kelas yang saya ikuti adalah kelas intermediate dengan Kelompok Belajar (KEJAR) dari teman-teman POLITEKNIK BANDUNG (POLBAN) yang dimentori oleh Kak Ali Qornan Jaisyurrahman dari Kampus POLBAN.

Pengalaman Mengikuti Program Indonesia Android Kejar Batch 3 Bandung
Indonesia Android Kejar Offline Study Group dengan Fasilitator Ali Qornan 

Apa itu Indonesia Android Kejar (IAK)?

Sebelum bercerita tentang pengalaman penulis sebagai peserta IAK, lebih baik berkenalan dulu sama IAK. So, IAK adalah serangkaian kegiatan belajar bersama (study group) untuk mendukung developer Indonesia dalam mengembangkan aplikasi mobile melalui kursus online Udacity dan juga pertemuan offline bersama anggota komunitas lainnya sehingga memberikan pemahaman yang lebih mendalam.

Indonesia Android Kejar akan memfasilitasi pembahasan materi di level Beginner, Intermediate, dan Advance. Dengan adanya kerjasama ini sangat bermanfaat untuk membantu developers Indonesia untuk tumbuh dan terus menciptakan aplikasi berkualitas dan bermanfaat bukan hanya bagi Indonesia tapi juga untuk dunia.

Indonesia Android Kejar Women Study Group Bandung



Kelas-kelas Peserta Indonesia Android Kejar

Dalam program IAK, ada fasilitator dan juga ada peserta. Penulis tidak akan menjelaskan mengenai fasilitaor, namun intinya fasilitator adalah pihak yang menjadi tenaga pengajar & pembimbing dalam sesi pembelajaran offline. Sedangkan Peserta adalah pihak yang mengikuti pembelajaran online di Situs Udacity dan pembelajaran offline secara berkala dengan tujuan meningkatkan kemampuan dalam membuat aplikasi Berbasis  Android.

Untuk ikut belajar online kamu bisa memilih pemrograman seperti Android, CSS, HTML, Javascript secara gratis maupun berbayar di situs Udacity.
Netflix F7d45
Merupakan situs kursus online. Tersedia berbagai materi gratis maupun berbayar berupa materi pemrograman Android, CSS, HTML dan banyak lagi. Baik untuk pemula maupun master.
UDACITY INDONESIA
https://www.udacity.com/indonesia

Untuk Peserta, ada 3 Kelas yang bisa diikuti salah satunya. Adapun kelasnya yaitu Beginner, Intermediate dan Advanced.

Inilah 3 Kelas IAK yang bisa dipilih

IAK kelas Beginner

Ditujukan bagi kamu yang berkeinginan untuk membuat aplikasi Android namun belum pernah mengenal Java dan XML atau menggunakan Android Studio. Lebih tepatnya belum familiar dengan dunia programming. Di kelas beginner, kamu akan belajar membuat Interface Aplikasi dan kamu akan dibimbing oleh fasilitator selama 2 kali pertemuan yang mana setiap pertemuan akan dibimbing selama 8 jam.

Untuk IAK kelas Intermediate hingga Advanced

Ada syarat lain jika kamu ingin menjadi pesertanya. Nah minimal kamu harus mengenal dan pernah mencoba Java, familiar dengan XML dan menggunakan Android Studio (bukan Eclipse). Di kelas Intermediate dan Advanced, kamu akan dibimbing oleh fasilitator selama 2 kali pertemuan yang mana setiap pertemuan akan dibimbing selama 4 jam.


Bagaimana tertarik untuk ikut belajar android? Bisa kok dengan klik link dibawah ya...
Google Developers Indonesia
adalah program yang diinisiasi oleh Google Developers untuk mengasah kemampuan developer Indonesia dalam mengembangkan aplikasi Mobile Android Native. Program berbasis komunitas ini menggunakan materi dari Google Authorized Training Partner yang dipadukan dengan mentoring belajar secara online dan offline (study group).
GOOGLE INDONESIA
https://events.withgoogle.com/googledeveloperskejar/

Indonesia Android Kejar Women Study Group Makasar


Cerita ikutan IAK : Jadi satu satunya peserta di kelas ini yang datang dari Tasikmalaya

Balik ke cerita, dalam program ini saya mengikuti IAK Batch 3 di Bandung dengan Kelas Intermediate yang dimentori Kak Ali. Saya belajar banyak hal darinya terutama materi yang ada didalam module. Banyak hambatan selama belajar di IAK, pertama saya belum begitu faham dengan pemrograman android. Kedua, laptop saya speknya rendah bingitzzzz. So, jangan tanya bagaimana laptop saya ketika ditanya dia malah tertawa sendiri. kayaknya disimpen telor diatasnya bakal mateng tuh telor. Yakin banget seyakin-yakinnya.

Saya merupakan satu-satunya peserta dari Kota Tasikmalaya. Namun bukan satu-satunya terjauh. Malah dikelas lain ada yang dari Majalengka, namun jarak bukan penghalang untuk belajar dan penulis pun tak pernah lelah mengejarnya, apalagi mengejar kamu... :D

Pengalaman Mengikuti Program Indonesia Android Kejar Batch 3 Bandung
Foto Bareng Kelompok Belajar yang dimentori Ali Qornan

Belajar bikin aplikasi cuaca dengan API

Adapun mengenai project yang dikerjakan selama program, yaitu Sunshine App alias aplikasi cuaca. Ini keren banget dibanding Aplikasi yang saya buat sebelumnya sebelum mengikuti IAK. Sebelumnya saya hanya bisa membuat aplikasi game sederhana, sekarang sudah main ke API.

Setelah mengikuti kajian offline rutin, ada tugas lain sebagai peserta. untuk kelas intermediate ada Tugas Akhir yang harus diselesaikan yaitu pembuatan Movie App yang menjadi syarat kelulusan peserta Intermediate.

Pengalaman Mengikuti Program Indonesia Android Kejar Batch 3 Bandung
Belum ngumpulin tugas akhir, sampai ditanyain :D

Setelah berhasil menyelesaikan serangkaian program dan Tugas Akhir, penulis pun menerima email langsung dari TIM IAK Bandung yang berisi Awarding undangan. Tapi sayangnya penulis tidak mengikuti awarding karena berhubung lagi ada kesibukan + bulan puasa.

Keuntungan mengikuti IAK

Nah ada beberapa keuntungan jika kamu mengikuti IAK, diantaranya:

  1. Belajar Gratis, tidak dipungut biaya apapun.
  2. dimentori oleh orang yang berpengalaman yang akan memberikan materi dan motivasi.
  3. Mengembangkan skill dibidang pemrograman Android
  4. Bertemu orang-orang baru, ya pasti seru.
  5. Dapat sertifikat dari Google
  6. Makan siang gratis!!! hehehehe jadi irit jajan

Video Awarding IAK Bandung

Hackathon Indonesia Android Kejar, Ajang Pertarungan Jebolan Indonesia Android Kejar Menampilkan Kreativitas 

Hackathon adalah suatu acara kompetisi yang diselenggarakan oleh Google, diadakan khusus bagi peserta yang telah mengikuti dan lulus dari program Indonesia Android Kejar untuk menciptakan aplikasi android yang bermanfaat bagi kemajuan bangsa.

Pada tahun 2017 Hackaton diselenggarakan dengan tema Olahraga dan Gaya hidup sehat. Adapun tema tersebut dipilih untuk menyambut Hari Olah Raga Nasional yang jatuh pada 9 September 2017. Dalam kegiatan ini munculah 3 Aplikasi terbaik yang muncul sebagai pemenang.


BaliDroid to Indonesia Android Kejar Hackathon 2017

karena penulis gak mengikuti Hackathon, maka penulis share aja video dari orang lain.

3 Aplikasi Terbaik yang menjadi pemenang Hackathon IAK 2017

Inilah 3 Aplikasi besutan IAK dalam acara Indonesia Android Kejar Hackathon 2017 yang keluar menjadi juara

1. SportyWay

Merupakan aplikasi yang dibuat dari Tim Asal malang. Aplikasi ini bisa menghubungkan para penggemar aktivitas olahraga untuk saling bertemu dan bersama-sama mengadakan acara atau pertandingan.

2. Verty-Go

Dibuat oleh tim Urban Night yang berasal dari Bandung. Aplikasi ini dibuat untuk membantu penderita vertigo untuk melakukan pengobatan.

3. Jogging



 

Keep In Touch

Pengikut