3 Alasan Mengapa Kita Harus Menyukai Hujan, Jomblo harus baca

Doa ketika turun hujan - gambar poster dakwah kartun muslimah lucu
Indonesia saat ini memasuki musim penghujan. Tanah-tanah yang kering kini mulai terbasahi air, manusia yang mengeluh karena susah air kini tidak lagi, kekeringan sudah tak ada lagi.

Namun manusia tetap manusia yang selalu mengeluh menggerutu. Keluhan itu tetap terucap dari mulut manusia "Yah, hujan inget jemuran" "Yah hujan, gak jadi ketemuan" "Yah hujan kerja bakal kesiangan" "Yah hujan, jadinya berhenti ditengah jalan"  "Yah hujan, jadi inget mantan".


Padahal kita harus bergembira saat datangnya hujan, tahu gak mengapa?

 

1. karena hujan merupakan salah satu berkah yang Alloh SWT turunkan kepada umatnya. 

Dalam Al-quran surat Qaaf Ayat 9 Alloh SWT berfirman:

وَنَزَّلْنَا مِنَ السَّمَاءِ مَاءً مُّبَارَكاً فَأَنبَتْنَا بِهِ جَنَّاتٍ وَحَبَّ الْحَصِيدِ


“Dan Kami turunkan dari langit air yang penuh keberkahan lalu Kami tumbuhkan dengan air itu pohon-pohon dan biji-biji tanaman yang diketam.” (QS: Qaaf (50) : 9).

Yang dimaksud keberkahan di sini adalah saat turunnya hujan. Hujan akan lebih banyak melahirkan kebaikan (manfaat), daripada mudharatnya (keburukan) bagi mahluk hidup.


2. Hujan merupakan salah satu waktu dikabulkannya Doa
dalam satu hadist disebutan bahwa hujan adalah salah satu waktu dikabulkannya doa

Ibnu Qudamah dalam Al Mughni mengatakan, ”Dianjurkan untuk berdo’a ketika turunnya hujan, sebagaimana diriwayatkan bahwa Nabi shallallahu ’alaihi wa sallam bersabda, “Carilah do’a yang mustajab pada tiga keadaan : (1) Bertemunya dua pasukan, (2) Menjelang shalat dilaksanakan, dan (3) Saat hujan turun.” (Dikeluarkan oleh Imam Syafi’i dalam Al Umm dan Al Baihaqi dalam Al Ma’rifah dari Makhul secara mursal).

Dalam hadist tersebut kita dianjurkan untuk berdoa ketika datangnya hujan, karena waktu turunnya hujan merupakan waktu yang mustajab untuk berdoa. Daripada banyak mengeluh, bukankah lebih baik berdoa?


3. Banyak waktu untuk mendekatkan diri kepada Alloh SWT
Selain itu juga saat datangnya hujan aktifitas yang biasa dilakukan bakal banyak yang terhenti dan mengakibatkan waktu yang luang. Lalu bagaimana cara memanfaatkan waktu yang luarng tersebut?  Kita bisa memanfaatkan waktu tersebut untuk mengaji Al-quran, Berdoa, Membaca buku yang bermanfaat yang bisa menambah pengetahuan.

Untuk itu jika kebanyakan aktifitas diluar rumah sebaiknya bawa Al-quran maupun buku bacaan. Sehingga ketika pekerjaan, perjalanan, aktifitas terhenti karena hujan kita bisa memanfaatkan waktu tersebut. Itu kan lebih baik dibanding Mengenang kenangan bersama sang mantan, iya kan?


Nah daripada kita mengeluh dan galau-galauan mending kita banyak berdoa dan mendekatkan diri kepada Alloh SWT. Ingat hujan itu berkah bukan musibah. Untuk itu kita harus berdoa saat datangnya hujan agar hujan yang turun mendatangkan keberkahan bagi ummatnya.


Doa ketika turun hujan

 Adapun doa yang diajarkan oleh Rasulullah pada umatnya, yakni :

”Nabi shallallahu ’alaihi wa sallam ketika melihat turunnya hujan, beliau mengucapkan, ”Allahumma shoyyiban nafi’an” 

Artinya : "Ya Allah turunkanlah pada kami hujan yang bermanfaat” (HR. Bukhari)

Ingat jangan galau-galauan lagi saat musim hujan ya. Apalagi sampe menyalahkan mantan ketika turun hujan, kan itu gak ada hubungannya sama hujan. Kecuali hujan yang turun dari matamu baru, berarti kamu gak bisa move-on dari si dia. Ingat pacaran itu dosa, Udah Putusin Aja! Mending jadikan Indonesia Tanpa Pacaran.

****
Gambar kartun muslimah hujan-hujanan sambil memegang payung didapat dari facebook page kartun muslimah dengan tanda air(watermark) @RizkaAmaliar




Bebas berkomentar asal santun dan tidak kasar. Komentar yang mengandung konten por*o dan ju*i akan dihapus. Jangan lupa juga centang kotak "notify me" supaya ada notification jika komentarnya sudah dibalas. Terimakasih :)

 

Keep In Touch

Pengikut