Aplikasi DAPODIK PAUD Gagal Memproses Data Dari Server? Mungkin Inilah Penyebabnya!

Aplikasi DAPODIK PAUD Gagal Memproses Data Dari Server? Mungkin Inilah Penyebabnya!
Aplikasi DAPODIK PAUD Gagal Memproses data dari server? Mungkin inilah penyebabnya!. DAPODIK PAUD adalah sebuah aplikasi berbasis web yang diperuntukan untuk PAUD yang dikelola oleh operator sekolah masing-masing. Aplikasi tersebut digunakan untuk menginput data sekolah dan juga data anak.

Namun belakangan ini terjadi error saat mencoba mensinkronisasi data ke server pusat terutama pada akhir Februari hingga saat ini. Adapun pesan error dari aplikasi saat proses sinkronisasi data adalah sebagai berikut:

Memproses data dari server gagal, gagal men-decode data update dari server... Lama sync: _ _ : _ _ : _ _

Mengapa hal tersebut terjadi?

Mungkin itulah yang selalu ditanyakan oleh operator sekolah. Sedangkan data harus secepatnya di sinkronisasi. Apa sih penyebabnya?

Ada beberapa kemungkinan yang terjadi mengenai error saat proses sinkronisasi database dari komputer/leptop operator ke server pusat:

  1. Proses koneksi internet anda tidak stabil
  2. Inilah kemungkinan yang pertama. Bisa jadi koneksi internet anda tidak stabil. Jadi gunakanlah koneksi internet yang bagus, gunakan provider yang jaringannya stabil karena pada saat sinkronisasi ada proses upload data dan juga download data yang terjadi antara komputer/PC/Laptop user/operator dengan server. Saat proses sinkronisasi, jangan gunakan internet untuk hal lain. Fokuskan aktifitas internet untuk proses sinkronisasi. Lalu bagaimana jika koneksi internet bagus namun hal tersebut masih terjadi? Mungkin jawabannya ada pada kemungkinan kedua.
  3. Banyaknya user/operator yang mencoba sinkronisasi dalam waktu yang sama
  4. Banyaknya user/operator yang mencoba sinkronisasi dalam waktu yang sama membuat server kewalahan dalam memproses data. Biasanya ada batas-batas tertentu bagi server, sehingga jika user/operator yang mencoba sinkronisasi dalam waktu yang sama dalam jumlah banyak menyebabkan server tidak merespon karena kewalahan menangani permintaan sambungan yang masuk.
  5. Server overload.
  6. Banyaknya user/operator yang mencoba sinkronisasi dalam waktu yang sama menyebabkan server overload. Seperti halnya manusia atau perumpamaannya server adalah operator sekolah. Diwaktu yang sama operator harus mengerjakan ribuan tugas apakah bisa? tentunya harus ditangani satu-satu.


Itulah kemungkinan yang terjadi ketika gagal saat mencoba mensinkronisasi data ke server pusat. Memang penyedia layanan belum menjelaskan penyebab utamanya hal tersebut terjadi.




avatar

Memproses data di server gagal. Penyebab: Gagal memproses tabel BidangSdm (Unable to execute INSERT statement [INSERT INTO bidang_sdm (ptk_id,bidang_studi_id,urutan,asal_data,Last_update,Soft_delete,last_sync,Updater_ID) VALUES (:p1,:p2,:p3,:p4,:p5,:p6,:p7,:p8)] [wrapped: SQLSTATE[23000]: [Microsoft][ODBC Driver 11 for SQL Server][SQL Server]The INSERT statement conflicted with the FOREIGN KEY constraint "FK_BIDANG_S_BIDANG_SD_PTK". The conflict occurred in database "Dapodik_Pauddikmas", table "dbo.ptk", column 'ptk_id'.]) lama sync : 00:01:35
50 % selesai50 % selesai
mohon solusinya

delete 29/9/17 13:00
avatar

Memproses data dari server gagal. Penyebab: Gagal memproses tabel mst wilayah (Runtime Notice: Non-static method Paudni\Sync::sentence_case() should not be called statically in C:\Program Files (x86)\Dapopaud\dataweb\app\src\Paudni\Sync.php line 0) lama sync : 00:04:01

delete 27/11/17 10:09
avatar

tidak menyelesaikan masalah

delete 4/4/18 02:38
avatar

FatalErrorException: Error: Call to a member function getTahunAjaranId() on a non-object in C:\Program Files (x86)\Dapopaud\dataweb\app\src\Paudni\Auth.php line 0

gimana penyelesaian min

delete 11/6/18 07:29

Bebas berkomentar asal santun dan tidak kasar. Komentar yang mengandung konten por*o dan ju*i akan dihapus. Jangan lupa juga centang kotak "notify me" supaya ada notification jika komentarnya sudah dibalas. Terimakasih :)

 

Keep In Touch

Pengikut